Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Razia Minimarket di Sagulung, Dinkes Temukan Produk Sarden Mengandung Parasit Cacing
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 31-03-2018 | 16:41 WIB
razia-sarden1.jpg Honda-Batam
Dinkes Kota Batam razia di sejumlah minimarket di Sagulung. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan Kota, Batam, Kecamatan Sagulung dan Kepolisian menggelar razia di sejumlah minimarket yang ada di Sagulung, Sabtu (31/3/2018). Dalam razia itu petugas mendapati sejumlah parasit cacing di dalam produk sarden.

Selain mengantisipasi beredarnya sarden mengandung parasit cacing, petugas juga memastikan sejumlah produk yang sudah mendekati masa kadaluarsa.

Salah satu petugas Dinkes, dr Shinta mengatakan, dalam razia itu petugas menemukan satu produk sarden merek Jojo yang di dalamnya terdapat parasit cacing. Produk tersebut ditemukan di salah satu mini market di kawasan Sentosa Plaza (SP) Sagulung. Dari hasil pengecekan sampel, pihak menemukan sejumlah cacing parasit yang diduga jenis anisakis.

"Cacingnya pada keluar dari dalam ikan. Itu kami temukan dalam sarden bermerek Jojo. Tentunya ini tidak layak konsumsi," ujar Shinta.

Dengan temuan tersebut, Dinkes Kota Batam akan segera melaporkan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepri untuk segera menarik produk ikan sarden yang terbukti mengandung parasit cacing.

Sesuai dengan yang telah disampaikan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI bahwa ada 27 brand ikan makarel dalam saus yang positif mengandung cacing.

"Petugas hanya sebatas memberikan imbauan kepada pihak pedagang agar tidak menjual produk sarden yang dilarang BPOM. Untuk penarikan langsung, pihaknya tak punya kewenangan," ujarnya lagi.

Editor: Yudha