Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lapor Pajak Lewat e-Filing Sampai Pukul 00.00 WIB

Hari Terakhir Lapor SPT, Kantor Pelayanan Pajak Buka Sampai Pukul 17.00 WIB
Oleh : Redaksi
Sabtu | 31-03-2018 | 11:52 WIB
lapor-spt.jpg Honda-Batam
Pelaporan SPT lewan e-Filing. (pajak.go.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Direktur Jendral Pajak Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan mengungkapkan ada 10 juta lebih pelapor hingga hari terakhir pelaporan pajak pribadi pada hari ini, Sabtu (31/3/2018).

"Data per hari ini beberapa jam yang lalu, jumlah Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPH) Pribadi sudah melampaui 10 juta lebih puluhan ribu," kata Robert di KPP Pratama Menteng Dua Jakarta, Sabtu.

Angka tersebut menurut Robert belum termasuk jumlah wajib pajak badan. Berbeda dengan wajib pajak pribadi, wajib lapor badan masih memiliki tenggat waktu hingga akhir April mendatang.

"Mereka (badan) juga lebih rumit. Badan yang menyampaikan SPT biasaya di atas 1 juta hingga 2 juta," pungkasnya.

Khusus untuk hari terakhir lapor SPT, seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Indonesia akan membuka pelayanan hingga pukul 17.00 WIB. Sementara sistem pelaporan pajak melalui e-filing bisa dilakukan hingga pukul 12 malam.

"Untuk menyampaikan SPT tidak harus dateng ke KPP. Bisa melalui e-filling melalui internet. Kami sarankan bisa dilaporkan dari rumah," ucapnya.

Meskipun komposisi lapor pajak secara daring kian mendominasi, Robert mengklaim sejauh ini masih ada wajib pajak yang memilih untuk datang langsung menemui petugas pajak.

"Komposisi 80 menggunakan e-filling, 1,8 juta itu yang menyampaikan secara manual banyak dari mereka mau konsultasi juga," ungkap Robert.

Tahun lalu, ada 12,05 juta wajib pajak yang telah memanfaatkan e-filling atau sekitar 72,59 persen dari total wajib pajak. Adapun kenaikkan penggunaan e-filling dibandingkan tahun lalu mencapai 70 persen.

Kementerian Keuangan mencatat penerimaan pajak per 28 Februari 2018 sebesar Rp153,4 triliun atau bertumbuh dari periode sama tahun lalu 13,48 persen. Angka ini pun tercatat 10,77 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 yakni Rp1,424 triliun.

Sumber: CNNIndonesia.com
Editor: Gokli