Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Program Pemerintah Wujudkan Ketahanan Pangan

Kodim 0315/Bintan Buka Perkebunan Jagung Seluas 800 Hektar di Dompak
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 17-03-2018 | 09:14 WIB
kodim-bintan-buka-kebun-jagung.jpg Honda-Batam
Kodim 0315 Bintan membuka lahan penanaman perkebunan jagung seluas 100 haktare di Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (16/3/2018)(Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kodim 0315/Bintan akan membuka lahan perkebunan jagung seluas 800 haktare di kawasan Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang, untuk mendukung program pemerintah menjaga dan mempertahankan ketahanan pangan.

Komandan Kodim 0315/ Bintan, Letnan Kolonel Infantri Ari Suseno, Jumat (16/3/2018), mengatakan, kegiatan itu merupakan program ketahanan pangan untuk mendukung program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Ada tiga jenis komoditi yang merupakan program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan, di antaranya padi, jagung dan kedelai," ujar Ari Suseno.

Ari Suseno menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik lahan, dan sudah mengizinkan. Untuk pengembangan perkebunan jagung, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Kepri.

"Baik pemerintah maupun masyarakat setempat, mereka mendukung. Dinas Pertanian Kepri mendukung dengan memberikan bibit, pupuk dan tenaga konsultasi penyuluhan pertanian," jelasnya.



Pada tahap awal, Kodim 0315/ Bintan membuka lahan seluas 100 hektare, sampai nanti pembukaan lahan yang kedua juga 100 hektare secara bertahap hingga nantinya mencapai luas 800 hektare di wilayah Dompak Tanjungpinang.

"Untuk hasilnya, nanti akan kita bagi, baik itu untuk warga selaku pemilik lahan, pemerintah, dan Kodim 0315/Bintan," katanya.

Hasil panen perkebunan ini nantinya, juga untuk pembelian bibit penanaman berikutnya. Lahan yang akan dibuka oleh Kodim 0315/ Bintan masih terpencar-pencar di wilayah Dompak, namun pihaknya berupaya menyatukan lahan tersebut.

Mulai dari penanaman serta pengurusan dan perawatan kebun ini, kita akan dibantu oleh kelompok tani masyarakat," pungkasnya.

Editor: Udin