PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Dorong Kesiapan 5 Kawasan Ekonomi Khusus di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 16-03-2018 | 14:26 WIB
lukita_kita13.jpg honda-batam
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, menyambut baik keputusan pemerintah pusat, dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang akan segera menetapkan lima lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam.

Lima lokasi yang akan ditetapkan sebagai KEK, kata Lukita, yakni Kawasan Kabil, Nongsa, Tanjungpinggir, Barelang dan satu kawasan industri galangan kapal.

"KEK itu sesuai dengan zonasi, seperti Kabil dan Nongsa. Kawasan itu saya sering sebutkan menjadi pusat ekonomi digital dan industri kreatif," kata Lukita, Jumat (16/3/2018) siang.

Menurutnya, kawasan yang paling siap untuk berubah dari Free Trade Zone (FTZ) menuju KEK adalah Kabil. BP Batam, katanya, juga akan mendorong kawasan pusat logistik digital park, Nongsa. Kemudian penerapan di kawasan lainnya.

"Kami akan mendorong itu terlebih dahulu. Saya kira Menko Maritim akan berbicara dengan Dewan Nasional KEK agar segera bisa dimulai zonasi KEK di Batam," ungkap Lukita.

Selain Kabil, Kawasan Tanjungpinggir --yang saat ini tengah dibangun dan digagas menjadi ikon Elang laut, dan Kawasan Barelang yang akan menjadi KEK bidang pariwisata. "Tapi itu nanti keputusan dari Dewan Nasional KEK," tegasnya.

Lukita mengakui Kawasan Barelang sangat tepat dalam penerapan KEK karena di sana terdapat resort, restoran, hotel serta destinasi pariwisata Jembatan Barelang.

"Kita lihat KEK bisa bergerak di Barelang dan sekitarnya. Di situ memang sudah ada beberapa lokasi resort, restoran dan hotel serta destinasi pariwisata Jembatan Barelang," pungkasnya.

Seperti di berita sebelumnya Kunjungan Kerja Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan di Batam menyebutkan ada 5 lokasi KEK yang diterapkan pada tahap awal.

"Ada 5 yang disiapkan KEK, semua di Batam. 5 kawasan itu akan ditetapkan segera. Presiden juga sudah mau menetapkannya untuk tahap awal," kata Luhut Kamis (15/03/2018).

Sebelumnya, Menko Kemaritiman RI, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan, Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat akan menetapkan 5 kawasan di Batam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menko Luhut yang turun langsung meninjau lokasi lego jangkar dan pelabuhan di Batam, Kamis (15/3/2018), juga berkesempatan mengunjungi pusat logistik Digital Park di Nongsa, salah satu lokasi yang juga nantinya akan ditetapkan menjadi KEK.

"Ada 5 yang disiapkan jadi KEK, semua di Batam. Kelima kawasan itu akan ditetapkan segera. Presiden juga sudah mau menetapkannya untuk tahap awal," kata Luhut Kamis (15/03/2018).

Lima lokasi itu diharapkan bisa diterapkan secepat mungkin. Luhut berharap penerapan KEK bisa dilaksanakan satu sampai dua bulan mendatang.