Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Optimisme di Awal Tahun, Jauhkan Stroke dan Serangan Jantung
Oleh : Redaksi/detikHealth
Senin | 02-01-2012 | 11:42 WIB
olahraga_ringan.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

JAKARTA, batamtoday - Jika mengalami banyak kegagalan di tahun sebelumnya, maka segeralah lupakan dan tatap masa depan dengan optimisme. Tak hanya membuat pikiran menjadi lebih tenang, sikap optimistis terbukti menjauhkan risiko stroke dan sakit jantung.

Kebimbangan sering datang di awal tahun karena harapan-harapan baru sudah harus mulai diperjuangan, sementara bayang-bayang kegagalan di tahun sebelumnya belum benar-benar bisa dilupakan. Karena itulah, beberapa orang mengawali tahun baru dengan pesimistis.

Sikap pesimistis merupakan sikap negatif yang akan sangat menyita pikiran, sehingga dapat memicu stres. Bukan cuma berdampak pada kesehatan psikologis, stres juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik terutama berkaitan dengan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Untuk mengatasinya, sikap pesimistis harus dibuang jauh-jauh dan secara perlahan diganti dengan sikap optimistis. Betapapun sulitnya target dan resolusi yang ditetapkan untuk setahun ke depan, pikiran harus selalu menyikapinya dengan cara yang positif agar tidak stres.

Sebuah penelitian di University of Michigan pernah mengungkap, sikap optimistis bisa menjauhkan seseorang dari risiko stroke baik karena penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah di otak. Tiap peningkatan satu derajat optimisme, risiko stroke berkurang 0,9 kali.

"Penelitian menunjukkan optimisme memegang peran penting dalam melindungi orang dewasa dari risiko stroke," kata Eric Kim, ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut dan melaporkan hasilnya di jurnal Stroke seperti dikutip dari CBC News, Senin (2/1/2012).

Sementara itu penelitian lain di Duke University membuktikan, pribadi yang selalu optimistis memiliki risiko serangan jantung 30 persen lebih rendah dibanding orang pesimistis. Dengan sendirinya, orang yang optimistis memiliki peluang lebih besar untuk berumur panjang.