Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PTSP BP Batam Raih Sertifikat ISO 9000 1-2015
Oleh : Nando Sirait
Jumat | 02-03-2018 | 12:03 WIB
iso-1.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo disampingi para Deputi saat menerima sertifikat ISO dari perwakilan konsultan management ISO untuk Indonesia, Michael Donnie Gunawan. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, berhasil meraih Sertifikat ISO 9000 1-2015 yang dikeluarkan UKAS Management System dari Inggris.

Sertifikat ISO 9000 1-2015 ini diserahkan langsung oleh perwakilan konsultan management ISO untuk Indonesia, Michael Donnie Gunawan, kepada Kepala BP Batam Lukita Dinansyah Tuwo di Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam, Kamis (1/3/2018).

Lukita menyampaikan, Sertifikat ISO 9000 1-2015 merupakan suatu standart internasional, untuk penilaian pelayanan yang dijalankan oleh suatu instansi.

"Teman-teman tahu, bahwa kami saat ini juga tengah melakukan pembenahan secara internal. Adanya sertifikasi ini sendiri, nantinya juga akan dirasakan langsung oleh masyarakat yang ingin melakukan pengurusan perizinan," ujarnya.

Lukita menambahkan, salah satu alasan melakukan sertifikasi ini sendiri. Dikarenakan ia tidak ingin mendengar adanya keluhan masyarakat, mengenai lamban nya pengurusan perizinan di PTSP BP Batam.

"Ada 116 jenis perizinan yang diurus di sini, saya tidak mau mendengar petugas menjawab 'nanti akan kami hubungi', apabila masyarakat menanyakan waktu selesainya pengurusan perizinan," ujarnya.

Adanya sertifikasi ini sendiri, juga diharapkan dapat menjadi salah satu komponen yang memudahkan bagi para calon investor yang ingin menanamkan investasi di Kota Batam.

Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, menyatakan selain adanya tim sertifikasi yang dipimpin oleh perwakilan konsultan, dirinya juga telah menjalankan tim independent yang bertugas dalam melakukan pengecekan kinerja para pegawai di PTSP BP Batam.

"Sebelumnya saya minta maaf kepada Pak Lukita, karena adanya tim saya yang berjumlah 6 orang ini tidak saya laporkan kepada pimpinan. Tapi adanya tim ini menjadi penilaian bagi saya, bahwa ternyata SDM di PTSP BP Batam telah siap walau persentasenya belum mencapai 100 persen,"

Tim independent dimaksud bahkan berpura-pura melakukan pengurusan perizinan yang dilakukan secara random. Ia sendiri menargetkan bahwa dalam tiga bulan ke depan, seluruh SDM di PTSP BP Batam akan siap dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Memang saat ini persentase kinerja dan kecepatan pelayanan sudah mencapai 90 persen. Tapi 3 bulan ke depan harus dapat 100 persen dengan pelatihan yang kita lakukan selama 3-4 kali selama seminggu," paparnya.

Editor: Gokli