Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPS Ingatkan TPID Batam Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Hari Besar
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 27-02-2018 | 11:14 WIB
kabpsbtm-1.jpg Honda-Batam
Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pusat Stastistik (BPS) Kota Batam memperingatkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk mengatisipasi harga menjelang hari besar. Seperti puasa dan hari raya keagamaan.

Karena menjelang hari besar tersebut, banyak komoditas penyumbang angkat inflasi terbesar. Untuk itu diharapkan TPID bisa mengatisifasi jauh-jauh hari. Sehingga harga tidak melonjak naik.

"Kan bisa kita kendalikan dengan kenaikan secara bertahap sejak sejak saat ini. Ini bisa menekan angka inflasi. Jangan tiba-tiba langsung melonjak naik," ujar Kepala BPS Kota Batam, Rahyudin, Senin (26/2/2018) sore.

Di hari besar mendatang tentu harga tiket pesawat terbang harus diwaspadai. Karena tarif angkutan udara tersebut selama ini menjadi penyumbang inflasi terbesar di bulan menjelang perayaan keagamaan.

"Harga tiket peswat sudah pasti akan menjadi salah satu penyumbang inflasi di saat hari raya. Karena itu perlu dilakukan langkah antisipasi dari sekarang supaya masyarakat tidak berat. Kalau perlu maskpai harus diundang dalam rapat," ujarnya.

Ia mengatakan, data angka inflasi merupakan data yang empiris atau berulang setiap tahunnya. Sehingga pemerintah daerah bisa melakukan prediksi komoditas apa saja yang akan menjadi penyumbang inflasi setiap bulannya.

Hal ini tentu bisa menyiapkan langkah untuk bisa menekan angka inflasi di Kota Batam.

Rahyudin menjelaskan, setiap tahun tarif pesawat jelang Hari Raya Idul Fitri bisa menyumbang angka inflasi sekitar 1,15 persen. Itu sebabnya jika pemerintah bisa mengendalikan kenaikan tarif trasportasi udara tersebut, tentunya kenaikan angka inflasi bisa dikendalikan.

"Memang saya tidak masuk TPID, tetapi data itu di BPS. Saya berharap ketika ada gejolak langsung rapat. Jangan menunggu rapat bulanan," harapanya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengaku TPID dan Pemerintah Kota tidak bisa berbuat banyak dalam mengatisifasi kenaikan tiket pesawat.

"Tidak bisa kita minta mereka jangan naikan tiket. Ketika Idul Fitri, Idul Adha dan Natal masyarakat bolak balik ke kampung. Ketika permintaan tinggi harga tiket naik. Tetapi kita tetap akan lakukan upaya untuk menekan harga," katanya.

Editor: Gokli