Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Turunkan Tim ke Tanjungpinang Tuntaskan Polemik Wagub Kepri
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 09-02-2018 | 11:51 WIB
tjh02.jpg Honda-Batam
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo di Hotel Harmoni One, Batam Center, Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo berjanji akan menuntaskan polemik pemilihan Wakil Gubernur Kepri dalam waktu dekat ini. Ia mengatakan, akan menurunkan tim terdiri dari eselon I dan II dari Kemendagri ke Tanjungpinang.

"Saya perintahkan eslon I dan II dari Kemendagri untuk turun ke Tanjungpinang, duduk bersama dengan Pimpinan DPRD dan Fraksi, dalam mencari dan menyelesaikan permasalahan pemilihan calon Wakil Gubernur," ujar Tjahjo Kumolo di Hotel Harmoni One, Batam Center, kemarin.

Seperti diketahui pengangkatan Wakil Gubernur Kepri Isdianto yang ditetapkan DPRD Kepri menuai banyak penolakan. Pasalnya, Isdianto sebagai calon tunggal Wakil Gubernur yang diajukan Gubernur Nurdin Basirun ke DPRD Kepri.

"Mekanisme pemilihan Wagub di Kepri, apakah sudah memenuhi persyaratan 2 calon, atau tidak. Katanya dulu ada dua calon, tetapi karena persyarakat adminstrasi satu calon gugur. Kalau itu batal DPRD Kepri harus jelaskan, gugur kerena apa," katanya.

Tjahjo mengaku masih menunggu surat dari DPRD Kepri terkait gugurnya satu calon Wakil Gubernur dalam proses adminstrasi. Meski demikian, ia menegaskan proses pemilihan Wagub harus melalui mekanisme awal dua calon.

"Soal di tengah jalan ada gugur dan tidak kita lihat dulu, kenapa dia gugur. Yang terpenting mekanisme awal harus ada dua calon," tegasnya.

Ia menambahkan permasalahan pemilihan Wagub sudah dilaporkan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ke Mendagri. Beberapa waktu lalu Ketua Fraksi dan Pimpinan DPRD Kepri sudah melakukan pertemuan bersama di Jakarta.

"Hasil pertemuai kesepakatannya ikuti mekanisme sesuai peraturan UU yang belaku dan tata tertip di DPRD," demikian Mendagri Tjahjo Kumolo.

Editor: Gokli