Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Provinsi Kepri Gagal Capai Target Kunjungan 2,1 Juta Wisman
Oleh : Ismail
Kamis | 01-02-2018 | 17:02 WIB
wisman-lingga11.gif Honda-Batam
Wisatawan asing yang berkunjung ke Lingga disambut hangat warga. (Foo: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2017 sebanyak 2,1 juta tidak tercapai.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri merilis, hingga Desember 2017 lalu secara kumulatif jumlah kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 2.074.534 kunjungan. Jumlah tersebut masih kurang sekitar 25 ribu dari target yang telah ditentukan Pemerintah Pusat pada tahun lalu.

Kepala BPS Kepri, Panusunan Siregar memaparkan, kendati tidak mencapai target yang ditentukan, namun secara kumulatif jumlah kunjungan wisman pada tahun 2017 naik 8,04 persen dibanding dengan tahun sebelumnya dengan total 1.920.232 kunjungan.

"Hanya kurang sekitar 25 ribu saja untuk mencapai target kunjungan," ungkap Panusunan saat rilis di Kantor BPS Kepri Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang, Kamis (1/2/2018).

Oleh karena itu, lanjutnya, pada 2018 ini Pemerintah Daerah harus bekerja keras untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman sesuai target yang telah ditentukan.

Dirinya mengungkapkan, demi tercapainya hal tersebut industri pariwisata Kepri harus lebih gencar untuk melancarkan promosi ke negara-negara yang telah menjadi langganan utama ke Kepri. Selai itu, untuk meningkatkan minat kunjungan, Panusunan menyarankan, Pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan pihak perhotelan untuk menurunkan rate atau harga inap pada akhir pekan.

Dengan demikian, para wisman dari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia bisa lebih berminat berwisata ke daerah Kepri.

"Selama ini kan kita ketahui rate pada weekend ini sangat tinggi sekali. Coba kita turunkan dengan menggencarkan promosi. Ini salah satu trik untuk meningkatkan jumlah kunjungan," saran Panusunan.

Selain itu, ia juga menjelaskna, wisman yang berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau selama bulan Desember 2017 tercatat sebanyak 261.525 kunjungan atau mengalami kenaikan 55,57 persen dibanding kunjungan wisman selama bulan November 2017 yang mencapai 168.113 kunjungan.

Kenaikan jumlah kunjungan wisman selama bulan Desember 2017 disebabkan oleh kenaikan jumlah kunjungan wisman dari empat pintu masuk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, dan Kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha