Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, Dinkes Tanjungpinang Bagikan Vitamin A bagi Balita Secara Gratis
Oleh : Habibi
Rabu | 31-01-2018 | 13:16 WIB
Kadinkes-TPI-Rustam1.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kota Tanjungpinang akan memberikan vitamin A gratis kepada anak bawah lima tahun (Balita) di pos penimbangan, posyandu, TK, PAUD, dan Puskesmas se-Tanjungpinang.

Untuk itu, Kepala DKPPKB, Rustam mengatakan mulai Kamis (1/2/2018) ibu-ibu diimbau menyempatkan diri untuk datang ke fasilitas pelayanan kesehatan (Faspelkes) di lingkungan masing-masing.

"Tanggal 1 Februar akan ada sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan kapsul vitamin A secara serentak," ujar Rustam, Rabu (31/1/2018).

Faspelkes yang akan memberikan layanan Vitamin A adalah Pos Penimbangan Anyelir Jalan AR Hakim Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Posyandu Merak Jalan Pompa Air Kelurahan Tanjungpinang Timur, TK/PAUD Maranatha Jalan Raya Uban Km 12, TK/PAUD Azhar Jalan Raya Uban Km 12, Posyandu Permata Bunda jalan Pemasyarakatan Tanjungpinang Barat dan Posyandu Mawar Indah jalan Prambanan Bukit Cermin. Sementara itu, untuk Faspelkes yang lain akan mengikuti jadwal pelayanan masing-masing.

"Pemberian kapsul vitamin A di Posyandu lainnya akan mengikuti pada jadwal posyandu masing-masing," kata Rustam.

Vitamin A yang akan diberikan sepanjang Februari ini kepada balita adalah jenis dosis tinggi. Untuk bayi akan diberikan kapsul warna biru berisi 100 ribu IU vitamin A dan untuk balita kapsul warna merah berisi 200 ribu IU vitamin A.

"Makanya saya imbau kepada masyarakat agar luangkan waktu bawa anak ke Posyandu. Ini adalah hak anak, jadi jangan dilewatkan. Kepada petugas juga kita tugaskan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, kalau perlu turun langsung ke rumah-rumah agar semua anak dapat haknya," tutur Rustam.

Editor: Yudha