Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kondisi Kebun Binatang Mini Zoo Bintan Sangat Memprihatinkan
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 09-01-2018 | 18:51 WIB
Kandang-Orang-Hutan.jpg Honda-Batam
Kandang orangutan dalam kondisi ringsek, bagian atap jebol. Bahkan terlihat beberapa ekor monyet berada di luar kandang. Padahal Pemkab Bintan sudah menggelontorkan dana melalui APBD-P 2017 sekitar Rp300 juta untuk tiga item perbaikan fasilitas yang ada di area kebun bintang ini (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemandangan di Kebun Binatang Mini Zoo Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim) sangat memprihatinkan. Beberapa kandang binatang yang ada, sudah pada ringsek. Keberadan binatang di dalamnya juga pada 'menyut'.

Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan sudah menggelontorkan dana melalui APBD-P 2017 sekitar Rp300 juta untuk tiga item perbaikan fasilitas yang ada di area kebun bintang tersebut.

Salah seorang pengunjung, Raisa, mengatakan binatang yang ada tidak lagi sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa kandang terlihat kosong, tanpa diisi dengan binatang.

"Selain binatangnya berkurang, kolam ikan yang ada di tengah-tengah Mini Zoo juga kotor. Sampai-sampai ikan yang ada di dalamnya tidak lagi terlihat," sebut Raisa saat ditemui di Mini Zoo Bintan, Selasa (9/1/2018).

Sementara pengunjung lainnya juga merasakan hal yang sama. Ibu yang datang bersama anak laki-lakinya itu mengatakan bahwa dulunya rusa yang berada di kebun binatang itu, terlihat puluhan ekor dan kini sudah tinggal belasan.

"Saya sering ke sini bawa anak, kemarin banyak hewannya, sekarang kok gak ada ya," tanya ibu itu heran.

Terkait hal itu, BATAMTODAY.COM mencoba menghubungi Kepala Dinas Perkim, Heri Wahyu via telpon. Namun hingga berita ini diunggah, nomor Kadis tersebut tidak dapat tersambung.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, terlihat kandang orangutan dalam kondisi ringsek, bagian atap jebol. Terlihat beberapa ekor monyet berada di luar kandang, selain itu beberapa kandang juga sudah diberisikian rumput rumput liar nan mejulang.

Editor: Udin