Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelayanan Paten Mobile Kecamatan Bintan Timur Hanya Fiktif Belaka
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 09-01-2018 | 13:02 WIB
Paten-Kali.jpg Honda-Batam
Spanduk peluncuran Paten Mobile, Kecamatan Bintan Timur, beberapa waktu lalau. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pertengahan tahun 2017 lalu, Camat Bintan Timur (Bintim), Rusli meluncurkan bus pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten). Tujuannya untuk mempermudah masyarakat melakukan pengurusan surat meyurat, kerena bus tersebut bakal parkir di setiap kelurahan yang ada di Bintim, secara bergantian.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan bus yang disebut sebut untuk memudahkan masyarakat itu, tidak pernah terlihat parkir seperti yang sudah direncanakan pada bulan Juli 2017 lalu itu.

Salah seorang warga Kelurahan Gunung Lengkuas mengatakan, dirinya tidak pernah melihat bus pelayanan tersebut, terparkir di Kantor Lurah tempat tinggalnya itu.

"Saya gak pernah lihat pula bus itu, yang ada hanya tiap pagi bus sekolah jemput anak-anak, untuk berangkat ke sekolah," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Sofyan yang dikonfirmasi terkait pelayanan Paten mobile itu tidak bisa menjawab dan meminta untuk langsung konfirmasi kepada camat.

"Langsung aja ya mas ke pak camat," katanya singkat, Senin (8/1/2018).

Sebelumnya Camat Bintan sempat membuat pelayanan Paten mobile ini menjadi sarana pelayanan jemput bola, seperti pengurusan KTP dan KK, administrasi pertanahan, segala bentuk perizinan BPJS dan sosial, sampai dengan administrasi surat keterangan untuk pengurusan surat nikah.

Namun kenyataannya di lapangan pelayanan ini tidak pernah berfungsi seperti yang digaungkan, kala itu.

Editor: Gokli