Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil Pleno KPU Lingga

Persyaratan PSI dan Perindo Dinyatakan Lengkap
Oleh : Bayu Yiyandi
Minggu | 07-01-2018 | 14:00 WIB
kpu_lingga_pendaftaran.gif Honda-Batam
Proses pendaftaran dan verikasi faktual partai politik peserta Pemilu di Kabupaten Lingga

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga telah memplenokan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo yang di verifikasi faktual lapangan beberapa waktu lalu. Hasilnya, kedua partai baru itu dinyatakan lengkap atau telah memenuhi syarat

"Kamis (4/1/2018) kemarin kita lakukan plenonya. Mereka kita nyatakan lengkap, karena sudah memenuhi beberapa persyaratan baik keterwakilan perempuan minimal 30 persen pada kepengurusannya, memiliki kantor dan jumlah kepengurusan minimal 94 orang," kata Irham, Ketua Divisi Hukum KPU Lingga

Sementara untuk dua partai lainnya yakni Partai Beringin Karya (Berkarya) dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) baru diverifikasi setelah mendapat surat dari KPU pusat, berdasarkan hasil rekomendasi dari Bawaslu RI setelah kedua partai tersebut mengajukan gugatan ke Bawaslu RI.

Dijelaskan Irham, untuk kedua partai itu juga sudah dilakukan verifikasi baik kantor, dan kepengurusan. Sementara keanggotaan belum dilakukan verifikasi karena batas akhir verifikasi partai politik peserta Pemilu 2019 yang direkomendasikan oleh Bawaslu pada 12 Januari 2017.

"Verifikasi keanggotaan harus turun ke lapangan, jadi kita bersama panwas akan turun nanti," ujarnya.

Setelah diverifikasi, Berkarya dan Garuda baru akan diplenokan apakah lolos atau tidak di tingkat Kabupaten Lingga. Namun meski begitu keputusan akhir tetap berada di KPU RI.

Editor: Surya