Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pekan Depan, Bupati Lingga Lantik Sekda dan Dua Pejabat lainnya
Oleh : Bayu Yiyandi
Minggu | 07-01-2018 | 13:00 WIB
Rudi_purwonugroho1.jpg Honda-Batam
Rudi Purwonugroho, Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ( JPTP) Pemerintah Kabupaten Lingga

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kabupaten Lingga , Rudi Purwonugroho mengatakan untuk pelantikan jabatan Sekretari Daerah (Sekda) dan dua pejabat OPD dilakukan pada pekan depan.

 

"Untuk pelantikan ditargetkan pekan depan, mengingat pada Januari ini, Pemerintah Kabupaten Lingga harus mempersiapkan beberapa even dan kegiatan level Provinsi," kata Rudi, Minggu (10/1/2018)

Saat ini juga nama-nama calon yang telah lulus seleksi untuk posisi jabatan itu sudah diserahkan kepada Bupati Lingga, Alias Wello. Namun belum bisa disampaikan ke publik sebelum di lantik siapa yang terpilih. Sebab kewenangan penetapan berada di tangan Bupati.

"Nama sudah diserahkan ke Bupati, selanjutnya akan diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta. Ini untuk dua jabatan OPD Lingga. Dan untuk jabatan sekda harus mendapatkan persetujuan gubernur," ungkapnya

Sementara adanya salah satu nama calon Sekda Lingga yang saat ini sedang menjabat aktif di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang, yakni Juramadi Esram yang menjabat sebagai kepala dinas dikatakan Rudi sudah mendapat rekomendasi dari Wali Kota Tanjungpinang untuk maju menjadi Sekda Lingga.

Hal ini dipastikan karena syarat sebelum mengajukan diri mengikuti seleksi Sekda Lingga, salah satu syarat utamanya yaitu mendapat rekomendasi dari pimpinan tertinggi suatu daerah atau lembaga tempat bekerja. Dan jika nanti terpilih menjadi Sekda Lingga maka yang bersangkutan akan mengundurkan diri dari jabatan yang dipikulnya saat ini.

"Kalau memang tadi dipilih Bupati otomatis, harus mundur dari jabatan lamanya," tutup Rudi

Seperti diketahui, Tim Pansel JPTP
Kabupaten Lingga telah mengumumkan hasil akhir seleksi terbuka untuk jabatan Sekda dan dua OPD lainnya yakni BKAD dan DMPDes pada Rabu (27/12/2017) lalu.

Adapun sejumlah nama yang lulus seleksi dan ditetapkan untuk calon Sekda yakni Muhammad Juramadi Ersam yang merupakan Kepala Disperindag Kota Tanjungpinang. Kemudian Junaidi Adzam, Plt Sekda Lingga yang juga merupakan Kepala DLH Lingga dan Staf Ahli Bupati Lingga Bidang Ekonomi dan Pariwisata, Sa'ad.

Sementara Kasiman, Kepala Disdik Lingga yang ikut pada tahapan seleksi itu tidak lulus atau tidak mencapai hasil nilai yang telah ditentukan tim Pansel.

"Kita kan ada lima penguji. Mungkin beberapa dari kelima penguji merasa kurang dengan hasil seleksi yang di ikuti Kasiman. Entah itu kenanya di makalah atau wawancara," ujar Rudi.

Kemudian untuk nama di jabatan BKAD Lingga yakni Azet yang merupakan Plt kepala BKAD Lingga, Azmi dari Inspektorat dan Abdul Mulkan Azima yang juga dari BKAD Lingga.

Dilanjutkan untuk jabatan di DMPDes Lingga yakni Dody Suhendra yang merupakan kabag Tapem Setda Lingga, Gandime Diyanto Camat Lingga Timur serta Romy Subanu Kabid di DLH Lingga.

Editor: Surya