Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amazing Goal Hamit Altintop Raih Puskas Award
Oleh : Tunggul Naibaho
Senin | 10-01-2011 | 03:17 WIB

Zurich, batamtoday - Striker Timnas Turki, Hamit Altintop, menyabet penghargaan FIFA Puskas 2010 sebagai pencetak gol terbaik. Altintop mencetak gol terbaiknya saat Turki menghadapi Kazakhstan di kualifikasi Euro 2012.

Penghargaan Puskas Award diputusakna diberikan kepada Hamit Altintop dalam Gala FIFA di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Senin atau Selasa (11/1) dini hari.

Gol tersebut dianggap memenuhi semua kriteria, selain indah, akurat, dan dilepaskan penuh imajinasi, bukan buah hasil kesalahan tim lawan, tetapi gol itu juga membuat Turki unggul 0-2 dan akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 0-3. Gol tersebut dicetak pada menit ke 25.
Turki yang ketika bertandang kazakhstan.

Gol tersebut berawal ketika Turki mendapat sepak pojok dari sebelah kiri gawang Kazakhtan. Bola yang dilepas melambung memotong kotak penalti dan jatuh di sisi kiri kanan pertahanan Kazakhstan. Namun sebelum bola tersebut jatuh ke rumput, Hamit yang berada di luar kotak penalti, berjarak 19 meter dari mulut gawang, mengambil ancang-ancang sebentar, lalu melepaskan sebuah tendangan voli sangat keras mengarah ke sisi kiri pojok atas gawang Kazakhtan: Goal!

 
Gol Hamit tersebut menyisihkan 9 gol nominasi lainya yaitu, Matty Burrows (Irlandia Utara), Linus Hallenius (Swedia), Lionel Messi (Argentina), Samir Nasri (Prancis), dan Neymar (Brasil). Empat lainnya adalah Arjen Robben (Belanda), Siphiwe Tshabalala (Afrika Selatan), Giovanni van Bronckhorst (Belanda) serta Kumi Yokoyama dari Jepang.