Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sepatu Boot Wajib Lepas di X-Ray Bandara Hang Nadim
Oleh : CR17
Kamis | 04-01-2018 | 14:38 WIB
suwarso-periksa-barang-Lin-Long1.gif Honda-Batam
General Manager Operasional Badan Usaha Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Batam menerapkan pemeriksaan sepatu para penumpang. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi Kementrian Perhubungan untuk memperketat pengawasan Narkoba di Bandar Udara.

General Manager Operasional Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, penerapan pemeriksaan sepatu tersebut sudah diterapkan di Hang Nadim Batam sejak tahun 2016 lalu. Namun kebijakan tersebut berlaku hanya untuk para penumpang yang menggunakan sepatu boot.

"Jika ditemukan penumpang dengan sepatu boot, petugas akan meminta penumpang untuk membuka sepatu untuk di lakukan pemeriksaan menggunakan mesin X-ray," kata Suwarso di Mapolresta Barelang, Kamis (04/01/2018).

Menurut dia, para kurir sabu tersebut memang sudah sengaja disediakan sepatu berisakan narkoba, yang baisanya narkoba tersebut berupa sabu-sabu. Hal itu sudah sering ditemukan di sejumlah Bandara, baik luar maupun Indonesia.

"Saat ini yang diwajibkan untuk dilepas baru sebatas topi dan jaket saat melintas di mesin pemindai. Ini sudah lama kita terapkan untuk peningkatan pengamanan," ujarnya.

Sementara untuk pemeriksaan sepatu biasa, petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Hang Nadim hanya melakukan pemeriksaan terhadap calon penumpang yang mencurigakan.

"Nah kalau untuk modus yang sati ini, biasanya kita standby kan petugas yang khusus membaca gerak gerik penumpang, tapi yang posisi nya tidak diketahui. Apabila calon penumpang terlihat mencurigakan, kita langsung minta dia untuk melepaskan sepatu dan memeriksa barang bawaannya,".

Editor: Dardani