Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun Buka Perlombaan Sampan Layar Desa Pongkar
Oleh : Wendy
Selasa | 02-01-2018 | 08:00 WIB
rafiq.jpg Honda-Batam
Perlombaan sampan layar di Pantai Ketam Desa Pongkar Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka secara resmi perlombaan sampan layar di Pantai Ketam, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Karimun, Senin (1/1/2018).

Perlombaan sampan tersebut diikuti lima tim dari 5 kecamatan di Kabupaten Karimun. Kegiatan diselenggarakan oleh Karang Taruna dan Pemerintah Desa Pongkar yang bersifat terbuka untuk seluruh masyarakat Kabupaten Karimun.

"Dengan adanya perlombaan sampan ini dapat meningkatkan kepariwisataan di Kabupten Karimun. Pasalnya sampan layar ini selalu ada di setiap kecamatan yang ada di Karimun, dan itu membuktikan bahwa sampan layar merupakan bagian dari masyarakat Karimun sebagai daerah hinterland serta pesisir," kata Rafiq.

Rafiq mengatakan, kegiatan ini dari swadaya. Meski hadiah tergolong kecil, namun karena hobby dan semangat tetap banyak yang mengambil bagian untuk ikut serta dan menyaksikan perlombaan sampan layar. "Kegiatn ini sangat positif dan ini harus dilestarikan, serta dikembangkan lagi," katanya.

Rafiq menambahkan, di tahun 2018 ini perlombaan sampan layar akan menjadi kegiatan di Kecamatan dan Dinas Pariwisata Karimun, tentunya akan mendapat dukungan dari anggaran APBD, agar nantinya dapat ditingkatkan lagi dan bisa lebih banyak menarik wisatawan dari luar daerah.

"Ini sekaligus akan menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Karimun dan akam berdampak kepada pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Sementara itu Kades Pangke Zahir mengatakan, kegiatan sampan layar tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dua kali dalam setahun.

"Ini rutin dilaksanakan, dan memang menjadi agenda tahunan di sini. Awalnya ada 12 Kecamatan yang ikut serta, namun dikarenakan kondisi cuaca sehingga hanya lima peserta yang ikut, serta, perlombaan sampan layar ini merupakan kerjasama Pemerintah Desa dan Karang Taruna Desa Pongkar," ujar Zahir

Hadiah yang diterima bagi para juara diantaranya Juara I Rp 4 juta. Juara 2 Rp 2,75 juta Juara 3 1,5 Juta Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2 masing-masing Rp 500 ribu.

Editor: Dardani