Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buat Laporan di Polsek Tebing Sambil Karokean
Oleh : Wandy
Sabtu | 30-12-2017 | 11:41 WIB
karoke.jpg Honda-Batam
Warga yang sedang membuat laporan di Polsek Tebing karokean menunggu laporan selesai diproses petugas SKP. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polsek Tebing di Kabupaten Karimun melakukan terobosan unik. Pasalnya bagi masyarakat yang datang untuk membuat laporan akan mendapatkan pelayanan dari kepolisian bisa berkaroke sambil menunggu surat yang dibuat selesai.

Di ruang Sentra Pelayanan Polisi (SPK) Polsek Tebing, terdapat satu televisi LED yang terhubung dengan internet serta ada mikrofon yang bisa digunakan warga untuk bernyanyi.

Kapolsek Tebing, AKP Budi Hartono mengatakan, terobosan inovasi tersebut dinamakan Polsik atau Polisi Asik, dengan tujuan untuk menghilangkan kebosanan masyarakat saat menunggu surat yang dibuat selesai.

"Tujuan kita untuk menghilangkan kebosanan bagi masyarakat saat membuat laporan seperti kehilangan, mengurus SKCK, surat izin keramaian, dan keperluan lainnya agar tidak jenuh," kata Budi, Jumat (29/12/2017) sore.

Pada saat masyarakat datang ke kantor, maka petugas jaga akan menerima laporannya dan pelapor memberikan data yang dibutuhkan, biasa mereka akan menunggu laporan diproses. Namun, saat itulah pelapor akan ditawari oleh petugas untuk berkaroke.

"Tetapi apabila pelapor tidak ingin bernyanyi mereka bisa merequest lagu kepada petugas, sebab kita langsung terkoneksi dengan internet dan lagu-lagu kita lengkap," katanya lagi.

Budi mengatakan, ide ini muncul sebab dirinya melihat masyarakat yang membuat laporan pada jenuh menunggu. "Untuk itu kita cari cara agat masyarakat nyaman di Kantor Polisi terutama di Polsek Tebing, sebab kebanyakkan orang juga suka bernyanyi, ya setidaknya mendengar lagu kesukaannya," kata Kapolsek Tebing ini.

Sementara itu, Boby seorang warga yang saat itu datang untuk membuat laporan ke Polsek sedikit terkejut. Sebab, saat menunggu berkasnya selesai dikerjakan dirinya ditawarin untuk berkaroke.

Ia mengaku senang dengan pelayanan Polsek Tebing ini karena bisa menghilangkan kejenuhan saat menunggu berkas selesai.

"Ini merupakan gagasan yang sangat baik yang diciptakan Kapolsek Tebing dan tidak terlepas dari Tupoksinya sebagai seorang Polisi," kata Boby.

Editor: Gokli