Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KLM Cipta Baru I Kandas di Perairan Selat Riau Karang Galang, Muatan dan Awak Kapal Hilang
Oleh : Harjo
Selasa | 26-12-2017 | 15:00 WIB
klm_cipta_I.gif Honda-Batam
Kondisi KLM Cipta Baru I kandas dan separuh badan kapal sudah masuk air di perairan Selat Riau Karang Galang, muatan dan seluruh awaknya hilang (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapal KLM Cipta Baru I yang berangkat dari Pekanbaru tujuan Batam, nyaris tenggelam dan kandas di perairan Selat Riau Karang Galang, Batam, Senin (25/12/2017) petang.

Seluruh muatan sudah tidak ada lagi, diduga hanyut terbawa arus air laut. Begitu juga seluruh awak kapal tidak diketahui keberadaannya dan dokumen kapal sudah tidak ada lagi.

Kepala Operasi Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban, Sugeng Riono kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (26/12/2017) mengatakan, kondisi kapal kayu tersebut saat ini sudah nyaris tenggelam, karena sebagain badan kapal sudah masuk air laut.

Setelah menerima laporan tersebut, pihaknya langsung menerjukan KN Rantos P-210 milik PPLP Tanjunguban guna melihat kodisi kapal KLM Cipta Baru I yang kandas tersebut di lokasi kejadian. Dengan berkomunikasi KN 330 melalui radio VHF itu, diketahui nama kapal yang kandas, pada posisi 01°-09'-349"N/104°-10'-913"E.

" Dilokasi KN Rantos menurunkan tim degan Ruberboat serta melakukan investigasi, terkait kandasnya kapal tersebut. Namun justru dari warga setempat menyampaikan bahwa semua awak kapal yang sudah tidak ada di atas kapal dan sudah dibawa Sahbandar ke Batam," ujarnya.

Akibat kandasnya kapal tersebut, diketahui tidak ada korban jiwa, muatan secara keseluruhan sudah hanyut, selain itu aeparoh badan kapal sudah masuk air dan dimungkinkan akan tenggelam.

Editor: Surya