Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Libatkan Pengurus Gereja Jaga Perayaan Ibadah Natal
Oleh : Redaksi
Minggu | 24-12-2017 | 11:00 WIB
pengamanan_natal1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi pengamanan Natal

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polisi memperketat pengamanan di sejumlah gereja menjelang perayaan ibadah Natal. Polisi juga melibatkan seluruh elemen pengurus gereja dalam membantu melakukan pengamanan.

"Pada Minggu malam itu. itu saat misa natal itu kita juga libatkan pengurus gereja, pemuda-pemuda gereja, kan mereka ini yang tahu siapa jemaatnya yang biasa dan mana jemaat yang mencurigakan. Walaupun kita dari TNI Polri kita maksimal," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen M Iqbal , Sabtu (23/12/2017) malam.

Iqbal mengatakan polisi juga telah melakukan penyisiran dan penjagaan di setiap gereja-gereja yang di nilai rawan sejak Sabtu pagi. Iqbal menambahkan personel kepolisian seluruh Indonesia telah meningkatkan patroli keamanan menjelang perayaan ibadah Natal. Hal itu dilakukan agar memberikan rasa aman kepada warga yang merayakan ibadah Natal.

"Seluruh Polda, Polres hingga Polsek (seluruh Indonesia) lakukan peningkatan patroli untuk mencegah gangguan keamanan. Terus reserse menyebar, intinya seluruh personil kepolisian turun ke lapangan untuk menyakinkan bahwa ibadah Natal dan tahun baru kondusif. Kita dibackup juga oleh TNI dan dibantu seluruh elemen masyarakat dan pemuda gereja," jelas dia.

Menurut Iqbal seluruh elemen kepolisian dimaksimalkan dalam upaya menjaga keamanan perayaan Natal dan tahun baru 2018. Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk berperan serta membantu aparat menjaga suasana tetap kondisi.

"Kita maksimalkan pencegahan dini dengan mengajak elemen masyarakat, pemuda gereja dan mengajak ormas islam yang lain menghormati perayaan ini. Ada beberapa oramas seperti Banser yang ikut mengamankan gereja," ucap dia.

Sumber: Detik.com

Editor: Surya