Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mudik Natal, Lonjakan Penumpang Melalui Pelabuhan Internasional SBP Capai 30 Persen
Oleh : Ismail
Sabtu | 23-12-2017 | 15:02 WIB
Mudik-Natal-Tpi1.gif Honda-Batam
Mudik Natal di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Arus mudik menjelang natal dan tahun baru melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mengalami lonjakan 30 persen. Lonjakan tersebut terjadi baik melalui pelabuhan domestik maupun Internasional.

Kepala Pos KSOP Pelabuhan Internasional SBP, Marta Wilaya menyebut, lonjakan tersebut dimulai pada 3 hari kebelakangan. Dan pada Sabtu (23/12/2017) kenaikan tersebut cukup signifikan hingga mencapai angka 30 persen.

"Sekitar 30 persen lonjakannya. Kalau pada hari biasa bisa sekitar 80 penumpang saja," katanya.

Ia mengatakan, lonjakan penumpang tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga perayaan tahun baru. Dimana, banyaknya masyarakat yang hendak berlibur ke Singapura dan Malaysia.

"Kenaikan itu juga untuk wisman yang datang melalui pelabuhan Internasional. Yang mendominasi biasanya turis dari Cina," ungkap Marta.

Marta juga menambahkan, kondisi cuaca di perairan Kepri saat ino sudah membaik. Sehingga, pelayaran tujuan Singapura dan Malaysia diperkirakan akan aman hingga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Kendati demikian, dirinya tetap mengimbau bagi para pengusaha jasa transportasi agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang secara tiba-tiba.

"Sekarang ini sudah agak aman. Diperkirakan gelombang mencapai 1 meter. Tapi, kita tetap harus waspada dengan perubahan yang tiba-tiba," ungkapnya.

Editor: Yudha