Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2017, Telkom Suntik UKM Pinjaman Modal Rp 3,8 Miliar
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 21-12-2017 | 17:26 WIB
kemitraan_telkom.jpg Honda-Batam
GM Witel Rikep, Sony BW saat menyerahkan simbolis bantuan pinjaman modal. (Foto: Humas Telkom)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Telkom Witel Riau Kepulauan (Rikep) menyalurkan pinjaman modal usaha kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebesar Rp. 939 juta di Graha Telkom Batam, Kamis (21/12). Total pinjaman usaha yang telah dikucurkan Telkom Rikep kepada Mitra UKM pada tahun 2017 sebesar Rp 3,8 miliar.

Penyaluran periode Triwulan IV tahun 2017 ini secara simbolis diserahkan langsung GM Witel Rikep, Sony Budi Winarso kepada Munawar, distributor peralatan air minum sebesar Rp 75 juta dan Siti Kholifah, penjual sate ayam sebesar Rp. 20 juta.

Sedangkan jumlah pelaku UKM yang menjadi Mitra Binaan (MB) Telkom pada Trwiulan IV tahun 2017 sebanyak 36 MB dengan rincian, bidang usaha perdagangan 26 MB dengan total pinjaman Rp. 636 juta, bidang usaha jasa 6 MB (Rp. 210 juta) dan bidang usaha industri 4 MB (Rp. 93 juta).

GM Witel Rikep, Sony BW menjelaskan PT Telkom sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara memiliki komitmen untuk menjalankan peran Good Corporate Citizenship melalui penyelanggaran Program Kemitraan. “Program Kemitraan ini penting karena negara Indonesia dapat tumbuh lebih cepat karena sektor informal UKM,” kata Sony BW.

Lebih lanjut dikatakan, Program Kemitraan Telkom dengan para pelaku UKM antara lain ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja serta kesempatan berusaha bagi masyarakat. Oleh karena itu, Sony BW menghimbau para pelaku UKM yang menjadi Mitra Binaan Telkom agar menjalankan usahanya dengan jujur dan gigih. Gunakan pinjaman modal usaha Telkom ini untuk pengembangan usaha agar bisa tumbuh besar dan sukses, pesan Sony BW.

Sementara itu, disisi lainnya, Telkom berharap Program Kemitraan ini memberikan citra positif bagi Perusahaan di masyarakat. “Keberadaan Telkom dapat diterima dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar PT Telkom khususnya,” sebut Sony BW. Usaha para MB Telkom tumbuh dan berkembang dengan baik, begitu juga dengan perkembangan bisnis TelkomGroup, Sony BW menambahkan.

Selain menyalurkan pinjaman modal usaha, Telkom Rikep juga memberikan pelatihan manajemen dan marketing kepada MB Telkom, serta menyarankan para mitra usaha untuk memasukkan produk mereka ke situs Blanja.com.

Editor: Dardani