Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Desa Mentuda dan Panggak Laut Seleksi Calon Perangkat Desa
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 21-12-2017 | 16:38 WIB
Seleksi-Perangkat1.gif Honda-Batam
Seleksi perangkat desa di Aula Kantor Camat Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Desa Mentunda dan Panggak Laut melaksanakan seleksi calon perangkat desa di Aula Kantor Camat Lingga, Kamis (21/12/2017).

Seleksi dilakukan akibat kekosongan posisi pasca penambahan formasi SOTK pemerintahan desa sesuai kategori.

"Jadi kita melakukan seleksi ini karena beberapa posisi perangkat kita mengalami kekosongan. Kita tidak pakai tunjuk-tunjuk. Kita sesuai peraturan yang ada. Bahwa harus proses seleksi. Ini juga karna kita ada penambahan formasi SOTK baru. Karena kita termasuk kategori desa swakarya. Kita boleh menggunakan formasi penambahan," kata Ahmad, Kepala Desa Panggak Laut kepada BATAMTODAY.COM.

Formasi penambahan dijelaskan Ahmad yakni untuk Kepala Seksi (Kasi). Sebab desanya sebelum itu hanya memiliki Kepala Urusan (Kaur). "Kita nanti memakai pola 3 kasi untuk penambahan yang baru ini. Itu Kasi keuangan, kasi umum dan perencanaan dan kasi pelayanan. Tapi hari ini kita seleksi 4 formasi. Soalnya di formasi kepala dusun (Kadus) kita kosong," terangnya.

Sementara untuk seleksi di ikuti delapan calon yang langsung di seleksi oleh tim yang telah ditunjuk dari pemerintah daerah. Dengan materi ujian berupa ujian tertulis, wawancara dan praktek penggunaan pengaplikasian komputer.

Ia berharap, setelah melalui proses ini perangkat di desanya dapat terisi dengan tenaga yang lebih profesional sehingga dalam bekerja bisa lebih maksimal lagi untuk melayani masyarakat.

"Mudah mudahan dengan terisinya perangkat ini kita dapat bekerja lebih maksimal lagi. Karena kita tahu tanggung jawab desa ini besar sekali," tutup Ahmad.

Editor: Yudha