Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas Pangan Terus Pantau Stabilitas Harga Sembako di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-12-2017 | 16:14 WIB
gubernur-nurdin16.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satgas Pangan Kepri akan melakukan pengawasan ketersediaan dan stabilitas harga sembako jelang hari besar Natal dan Tahun Baru.

Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan, ?upaya pengamanan stok pangan dengan melakukan sidak, operasi pasar serta pemberian bantuan. Polda Kepri juga akan menurunkan Satgas Pangan dalam mengawasi penimbunan stok pangan.

"Memang ?musim utara setiap tahun di Kepri berdampak pada naiknya harga sembako akibat terganggunya arus barang akibat angin kencang dan gelombang tinggi serta disambut dengan musim penghujan," ujar Nurdin usai rapat koordinasi FKPD Provinsi Kepri, Jumat (21/12/2017).

Atas dasar itu, tambah mantan Bupati Karimun ini, pemerintah mengimbau, agar pedagang tidak melakukan penimbunan barang, hingga menjadi langka di pasar. "Dalam rapat kemarin, juga telah dilakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan, dengan menurunkan dan mengaktifkan Satgas Pangan," ujarnya.

Kepada pengusaha di Kepri, Nurdin juga meminta agar tidak menaikan harga dan menimbun barang yang berdampak pada kebutuhan masyarakat di pasar berkurang.

"Apalagi-saudara-saudara kita yang memeluk agama kristen menyambut Natal dan Tahun baru. Pemerintah juga melaksanakan operasi pasar dan memberikan bantuan langsung sebagaimana yang disepakati dengan DPRD," ujarnya.

Ia juga menambahkan hasil pantauan di lapangan bahwa stok pangan hingga Januari dan Februari 2018 masih aman.

"Saya juga meminta masing-masing kepala daerah bersama FKPD, dapat melakukan pengawasan terhadap keamanan transportasi serta ketersediaan pangan," tegas Nurdin.

Editor: Yudha