Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapimnas Kadin Soroti Pembangunan Daerah dan SDM
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 13-12-2017 | 19:26 WIB
Pengurus-Kadin-Indonesia.jpg Honda-Batam
Pengurus Kadin Indonesia (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menyoroti pembangunan daerah dan sumber daya manusia (SDM) dalam menyusun program kerja Kadin di tahun 2018 mendatang.

Ketua umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani, mengatakan bahwa Rapimnas kali ini mengambil tema 'membangun daerah dengan meningkatkan sumber daya manusia untuk memajukan perekonomian Indonesia yang berkeadilan'.

"Kita melihat pertumbuhan perekonomoan itu akan tumbuh berkualitas jika manusianya juga berkualitas. Kami akan membahas dalam Rapimnas ini dalam menyelaraskan pertumbuhan secara seimbang," ujar Rosan di Hotel Radisson di Hotel Radisson Rabu (13/12/2017) sore.

Perlu diketahui, ketimpangan ekonomi masih terus mewarnai perekonomian nasional dan daerah. Secara nasional, Indeks Gini Ratio tahun 2016 dan 2017 masih berkisar di atara 0,40-041 dan di daerah berkisar 0,33-041. Sementara itu dalam kurun waktu yang sama, perkembangan ekonomi Indonesia masih dalam trend positif dan dianggap stabil.

Terlihat pada 2015, pertumbuhan ekonomi mencapai 4,88 persen, 2016 naik menjadi 5,02 persen dan tahun 2017 diperkirakan mencapai 51 persen.

Meskipun demikian secara umum pertumbuhan ekonomi Indonesia membaik, namun capaian pertumbuhan yang berada dikisaran 5 persen dinilai tidak mampu untuk menyerap kebutuhan angkatan kerja baru yang setiap tahunya mencapai 2 juta orang.

"Kami akan terus meningkatkan SDM dan terus mendorong pelaksanaan program pendidikan vokasi agar angkatan kerja yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan industri dan menjadi tenaga kerja siap pakai," ujarnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Rapimnas Kadin 2017, Arif Y Hidayat, mengatakan bahwa Rampimnas ini akan digelar selama 2 hari, sejak 13-14 Desember. Dan rapat tersebut diperkirakan akan diikuti oleh 1.000 peserta dari segenap jajaran Dewan Pengurus Kadin Indonesia, Kadin Provinsi, Kadin Kabupaten/ Kota, Asosiasi, hingga Himpunan bisnis.

"Kami juga melibatkan kalangan pemerintah dalam Rapimnas guna mensinergikan antara program kerja pada 2018 mendatang," pungkasnya.

Editor: Udin