Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proses Pemadaman Lebih 4 Jam

Ini Kronologis Kebakaran Pasar Daik Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 28-11-2017 | 13:14 WIB
api21.jpg Honda-Batam
Kebakaran Pasar Daik Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pemadaman api yang membakar pasar Daik, Kampung Cina berlangsung lebih dari 4 jam. Satu mobil pemadaman kebakaran (Damkar) dari Satpol PP dan satu mobil BPBD Lingga diterjunkan untuk memadamkan si jago merah itu.

"Pemadaman sudah selesai, api kami pastikan sudah padam pukul 05.10 WIB," kata salah satu anggota regu Damkar yang tidak mau namanya diberitakan kepada BATAMTODAY.COM di lokasi kebakaran, Selasa (28/9/2017) pagi.

Musibah kebakaran yang menghanguskan kios, toko, ruko dan rumah warga di pasar Daik, Kampung Cina itu terjadi pada Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 01.00 WIB.

Menurut beberapa sumber api berasal dari belakang pertokoan bagian sempadan sungai pasar itu dengan dugaan sementara akibat konsleting listrik.

Pertokoan atau kios lama tersebut terletak di barisan paling belakang di antara toko milik Ageng dan ruko Pak Tani. Dengan cepat kobaran api menjalar ke arah depan menghanguskan ratusan kios, toko dan ruko lainnya.

Kios-kios permanen itu berisi dagangan berupa pakaian, makanan, minuman, sandal-sepatu, dan mainan anak-anak. Bahkan ada satu toko elektronik.

"Awal-awal kebakaran tadi paling sulit pemadamannya karena sangat panas. Letusan listrik dan bahan bangunan membuat kami sempat was-was," ujar anggota regu Damkar itu lagi.

Sementara itu, setelah menghanguskan rumah toko di Pasar Kampung Cina, kobaran api juga sempat mengancam Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Daik, sekitar pukul 03.30 WIB karena tiupan angin.

Puluhan warga membantu sejumlah petugas Polsek Daik untuk berusaha memadamkan api. Mereka memutuskan api yang terus menjalar menuju ke Mapolsek.

Hingga pukul 04.10 WIB api belum bisa dipadamkan. Dua armada mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Lingga tadi silih berganti berdatangan untuk memadamkan api yang menjalar dari satu ruku ke ruko lainnya.

Namun usaha demi usaha dengan dibantu warga setempat, api berhasil dijinakkan. Setelah api benar benar padam, polisi memasang garis polisi mengelilingi tempat yang menjadi sumber terbakar. Sementara ratusan warga yang sebelumnya memadati lokasi berangsur-angsur membubarkan diri.

Hingga berita ini diturunkan, polisi masih melakukan pendataan jumlah kios yang terbakar. Beruntung tak ada korban luka maupun korban jiwa dalam musibah ini.

Editor: Yudha