Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Toko di Pasar Daik Lingga Terbakar
Oleh : Bayu Yiyandi
Selasa | 28-11-2017 | 10:14 WIB
api2.jpg Honda-Batam
Puluhan toko di pasar Daik, Kampung Cina, Kabupaten Lingga hangus terbakar, Selasa subuh. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pasar Daik yang berada di Kampung Cina, Kelurahan Daik Lingga, Kecamatan Lingga terbakar pada Selasa (28/11/2017) pagi sekitar pukul 01.00 WIB.

Belum diketahui penyebab pasti dari kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara sumber api berasal dari hubungan arus listrik pendek di sekitar belakang Pertokoan bagian sempadan sungai pasar itu.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, saat terjadi kebakaran, sejumlah warga yang berada di sekitar wilayah pasar berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari amukan api.

Warga yang mendiami rumah di pasar itu juga bergegas menyelamatkan diri dan membawa sejumlah barang berharga miliknya. Warga lain yang datang serta pihak keamanan turut membantu mengevakuasi barang-barang baik berupa pakaian serta sembako yang berada di pertokoan pasar.

Api terlihat dalam sekejap menyebar memakan setiap toko, ruko dan perumahan warga pasar Daik. Sekitar pukul 01.25 WIB mobil petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan mobil BPBD dari pemerintah setempat datang untuk memadamkan api itu. Namun karena tak mampu menahan, luapan api semakin meluas dan memahami 80 persen bangunan yang ada di pasar tersebut.

Salah satu warga yang ditemui, Ari mengatakan tidak mengetahui api bermula dari mana. Saat mengetahui api sudah besar dan menghabiskan sebagian toko, ruko dan rumah warga yang berada di pasar Kampung Cina.

"Tak tahu bang, kami sadar dah besar api. Kedai dah banyak yang terbakar," tuturnya

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.10 WIB. Adapun jumlah ruko yang terbakar diperkirakan sebanyak 50 unit. Rata-rata ruko itu terbuat dari dinding papan kayu. Toko berisikan barang sembako dan pakaian dan kerugian materil masih belum dapat ditaksir jumlahnya.

Editor: Gokli