Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selain Jusuf Kalla, Muhammad Hatta Juga Pernah Berkunjung ke Lingga
Oleh : Nurjali
Rabu | 22-11-2017 | 12:26 WIB
bung-hatta.jpg Honda-Batam
Wakil Presiden RI, Muhammad Hatta saat berpidato di Lapangan Merdeka Dabosingkep pada tahun 1950.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Wakil Presiden RI yang pertama Muhammad Hatta yang akrab dikenala sebagai Bung Hatta Pahlawan Proklamasi, juga pernah berkunjung ke Kabupaten Lingga tepat di Pulau Singkep dan berpidato di Lapangan Merdeka Dabosingkep pada tahun 1950.

Salah satu sumber di akun media sosial milik monumen Dabo mengungkapkan hal tersebut melalui foto black & white zaman dahulu, ke linimasa media sosialnya setelah kedatangann Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Kabupaten Lingga dalam rangka membuka kegiatan Perhelatan Tamadun Melayu negara-negera Melayu di Daiklingga beberapa waktu yang lalu.

Dalam foto tersebut diakuinya tidak memiliki data dan referensi yang kuat, dalam rangka apa kunjungan kerja Wakil Presiden RI pertama ini di Pulau Singkep yang kala itu dikenal dengan Kota penghasil timah nomor satu di Indonesia dan Dunia. Namun dalam foto masih tertera tulisan kunjungan Bapak Koperasi tersebut pada tahun 1950.

Dari beberapa buku sejarah disebutkan bahwa Muhammad Hatta selama menjabat sebagai Wakil Presiden memang sangat sering berpidato di beberapa daerah, kebiasaan tersebut dilakukannya sebelum diangkat menjadi Wakil Presiden bahkan setelah menjadi Wakil Presiden aktivitasnya terus dilakukan hingga ke daerah-daerah.

Ditahun 1950 perusahaan timah di Pulau Singkep sudah mulai berjalan yang kala itu dikelola oleh perusahaan milik Belanda yang bernama Singkep Tin Maatschappij Riouw milik pemerintah Hindia - Belanda yang mengambil alih dari Kesultanan Riau - Lingga.

Dikala itu Pulau Singkep seudah sejak zaman kemerdekaan bahkan sebelum merdeka memang selalu menjadi sorotan Pemerintah Pusat dan Dunia.

Salah satu karyawan PT Timah Muchtar membenarkan foto tersebut, meski tidak tahu secara terperinci tentang tujuan dari pidato Wakil Presiden pertama tersebut, namun dirinya mengaku pernah melihat arsip itu di zaman kejayaan perusahaan timah saat dirinya bekerja di perusahaan tersebut.

"Iya, foto itu dokumentasi dan saya pernah melihat di kantor waktu itu hanya tidak tahu juga kedatangan dalam rangka apa. Foto itu di Lapangan Merdeka Dabosingkep yang kini menjadi lapangan sepakbola," jelasnya.

Editor: Gokli