Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dari Bakpao Sampai Tiang Listrik

Di Mana Benjolnya? Ini Reaksi Warganet terhadap 'Drama Setnov'
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-11-2017 | 18:38 WIB
meme-bakpao.jpg Honda-Batam
Meme warganet terhadap perolaku yang dinilai janggal serta disebut mereka 'drama Setnov' (Sumber foto: BBC Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ledakan meme bakpao dan tiang listrik terjadi dalam hitungan jam, usai pengacara Setya Novanto menyebut kliennya 'benjol besar segede bakpao'.

Sesaat setelah ditetapkan sebagai buron KPK, kendaraan yang ditumpangi Ketua DPR Setya Novanto dikabarkan menabrak tiang listrik pada Kamis (16/11) malam.

Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, menguraikan kecelakaan tersebut 'sangat parah'.

Tersangka korupsi e-KTP itu 'pingsan' dan 'sekujur tubuhnya luka', kata dia.

"Perlu MRI (Magnetic Resonance Imaging)... Kepalanya benjol besar segede bakpao," katanya

Di mana benjolnya?

Dalam foto-foto yang diperlihatkan pengacaranya, Setya Novanto terbaring dengan perban di pelipis.

Akun @syafirarnt pun berkicau "Mana benjol segede bakpaonya sih?", mewakili warganet lain yang bingung lantaran tidak menemukan benjolan seperti yang dideskripsikan pengacara.

Ini kemudian dijawab satir oleh akun @rachmi_flash "Alhamdulillah bakpaonya dah kempes, GWS papa."

Adapun, warganet punya selera humor tersendiri menanggapinya. Dan, Dar! Kompetisi meme bakpao dan tiang listrik pun dimulai.

Orang yang mengalami nasib sial, apalagi sakit, atau mengalami kecelakaan dan menderita luka yang mengancam jiwa, tentu pantas mendapat simpati dan solidaritas.

Namun warganet memilih mengecualikan Setya Novanto. Mereka skeptis, sebab Setnov celaka saat buron dan diduga menghindari upaya penangkapan oleh KPK.

Adapun bakpao bukan satu-satunya subjek meme yang digunakan untuk menyasar Setya Novanto. 'Aktor' lainnya adalah tiang listrik.

Situasi yang oleh warganet disebut 'drama Setnov' itu membuat pengguna Internet yang seringkali terbelah karena sentimen agama dan pilihan politik, mendadak gotong royong mencari tahu latar belakang mobil Setnov yang menabrak tiang listrik.

Ada yang menemukan mobil jenis Toyota Fortuner berpelat nomor sama sempat diiklankan di situs jual beli mobil. Sedangkan pengguna lain sibuk merunutnya via situs informasi pajak kendaraan.

Warganet lainnya sangsi, mempertanyakan sisi keamanan Toyota Fortuner yang menyebabkan penumpang 'terluka parah' hanya karena menabrak tiang. Akun @lily_raimun berkicau "@Toyota ID kudu klarifikasi, segitu parahnya kah penumpang yang kecelakaan naik Fortuner yang cuma nabrak tiang, sampai masuk ICU hehe. Kalah mobil Fortuner dari Wuling hahaha." Sedangkan akun @dfofana berkicau: "@ToyotaID keamanan mobil premium Anda perlu dipertanyakan. Cuma tiang listrik aja sampai pendarahan".

Akun @ahmdfrds menimpali "Dan itu badan mobil posisi hampir tegak lurus sama tiang, berarti mobil jalan di trotoar". Sedangkan akun @prastow skeptis dan berujar: "Ajudan yang duduk di kiri depan masih bisa telp pengacara. Yang di belakang malah cedera parah. Kecelakaan yang ajaib".

Apa jawaban produsen mobil?

Lebih dari 50 ribu pengguna sudah memakai tagar #savetianglistrik. Dan, tagar jenaka ini pun menduduki topik teratas pembicaraan masyarakat Indonesia di Twitter. Selain tagar tiang listrik, tagar lain yang juga dibagikan terkait kasus kecelakaan Setya Novanto adalah #savebakpao.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Udin