Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lukisan Karya Leonardo da Vinci Terjual Senilai USD 450 Juta
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-11-2017 | 11:50 WIB
Lukisan.jpg Honda-Batam
Lukisan karya Leonardo Davinci. (via Bisnis.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lukisan karya maestro Leonardo da Vinci terjual senilai lebih dari USD 450 juta dalam lelang di rumah lelang Christie's. Angka tersebut, menjadi nilai penjualan lelang tertinggi sepanjang sejarah.

Lukisan berjudul "Salvator Mundi" yang berarti "Savior of the World," itu, merupakan satu dari 20 karya Leonardo yang dikenal dan dibuatnya secara pribadi.

Namun siapa pembeli lukisan tersebut tidak diumumkan secara jelas.

Christie mengatakan bahwa kebanyakan ilmuwan seni setuju bahwa lukisan itu ditulis oleh Leonardo, meskipun beberapa kritikus telah mempertanyakan atribusi dalam lukisan tersebut. Selain itu, ada yang mengatakan bahwa restorasi ekstensif membuat kepunahan karya penulis.

Sebelumnya nilai penjualan tertinggi dalam sebuah lelang karya seni pernah dinobatkan pada karya Pixasso berjudul Women of Algiers (Version O) senilai USD 179,4 juta.

Lukisan itu juga terjual di balai lelang yang sama yakni di Christie's di New York. Kemudian rekor tersebut terpecahkan ketika karya Willem de Kooning berjudul Interchange sukses terjual senilai USD 300 juta.

Lukisan tersebut dibeli oleh David Geffen Foundation pada September 2015 lalu.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli