Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Satgas Saber Pungli Ungkap Sudah Tetapkan 2.676 Tersangka
Oleh : Redaksi
Minggu | 12-11-2017 | 12:30 WIB
satgas_saber_pungli.gif Honda-Batam
Acara Tim Satgas Saber Pungli Polri di CFD, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Satgas Saber Pungli) pamer prestasinya selama setahun terakhir. Tim Satgas Saber Pungli itu pun mengimbau agar masyarakat berpartisipasi bila menemukan adanya pungli.

"Kita sosialisasi kepada masyarakat, tentunya partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam bentuk laporan," ucap Kepala Satgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatno di kawasan car free day (CFD), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (12/11/2017).

Menurut Dwi, selama setahun terakhir, sudah ada 33.110 laporan yang diterima. Dari laporan itu, Dwi menyebut sudah ada 2.676 tersangka yang diproses.

"Sampai saat ini sudah ada 33.100 laporan yang diterima, dan kita punya kewenangan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap pelaku pungli. Ada sekitar 2.676 tersangka yang sudah diproses," sambungnya.

Namun, Dwi menyebut tidak semua laporan dari masyarakat ditindaklanjuti. Timnya, menurut Dwi, harus memverifikasi terlebih dulu laporan itu sebelum melakukan tindakan.

"Tentunya kita verifikasi. Orang melapor itu kan baru dugaan pungli ya. Itu dari seluruh daerah kan. Nah yang di daerah-daerah juga action untuk melakukan pengecekkan. Apakah itu ditindak, atau mungkin cuma dugaan saja," terang Dwi.

Meski demikian, Dwi mengimbau masyarakat untuk tidak ragu melaporkan dugaan pungli. Laporan itu bisa dilakukan melalui email ke lapor@saberpungli.id atau SMS ke 1193. Informasi lebih lanjut mengenai Satgas Saber Pungli bisa dilihat di website saberpungli.id.

Sumber: Detik.com

Editor: Surya