Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Apri Sujadi Raih Anugerah Pandu Negeri 2017
Oleh : Harjo
Sabtu | 11-11-2017 | 09:50 WIB

BATAMTODAY.COM, Bintan - Indonesian Institute for Public Governance atau IIPG memberikan penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017 kepada 50 kepala daerah yang dinilai berprestasi di Indonesia. Salah satunya Bupati Bintan H. Apri Sujadi SSos.

Ketua IIPG, Sigit Pramono, menjelaskan, penghargaan yang diberi nama 'Anugerah Pandu Negeri' yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang bekerja dengan dengan inovasi dan terobosan-terobosan baru.

Penilaian juga dilihat dari aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan juga anti korupsi.

"Tim penilai merupakan tim independen yang menyaring dari 538 daerah di Indonesia dan dilakukan pertama kali berdasarkan survey lapangan dan data-data, di mana laporan keuangan daerah, penetapan APBD yang tepat waktu hingga inovasi-inovasi yang dilakukan kepala daerah untuk kemajuan daerahnya," ungkap Sigit Pramono.

Dari jumlah 538 daerah, terdapat 200 daerah lolos saringan, yang kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah yang pantas menerima penghargaan.

"Penilaian ini dilakukan berdasarkan inovasi kemajuan bagi daerah dengan persentase penilaian inovasi 35 persen, tata kelola pemerintahan 30 persen, SDM 20 persen dan pertumbuhan ekonomi 15 persen," paparnya.

Sementara Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, mengatakan hal ini merupakan bentuk dukungan atas sistem yang ada. Hal ini juga menjadi sesuatu yang bermakna dalam mendukung reformasi birokrasi di era Presiden Joko Widodo. Utamanya memberikan inovasi yang berguna bagi kemajuan daerah.

Inovasi, Tjahjo menambahkan, merupakan langkah terbaik bagi perkembangan daerah. Daerah yang maju memang harus mempunyai inovasi, utamanya bidang infrastruktur, bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

"Anugerah Pandu Negeri ini, juga menjadi nilai tambah bagi pemimpin daerah dengan sistem pemilihan kepala daerah serentak, dan terbukti dengan kinerja dan tata kelola keuangan yang baik," ujarnya saat penyerahan Anugerah Pandu Negeri 2017 di Financial Graha CIMB NIAGA, Jl.Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jum'at (10/11/2017) sore.

"Semoga penerima penghargaan bisa terus meningkatkan kinerjanya dan menjadi pemimpin di tingkat nasional. Dengan demikian akan memperkaya sumber calon pemimpin untuk regenerasi kepemimpinan nasional, khususnya yang berasal dari pemimpin daerah yang berprestasi," katanya lagi.

Bupati Bintan Apri Sujadi SSos, yang menerima Anugerah Pandu Negeri 2017 dari Wakil Presiden RI Periode 2009-2014 Prof DR H Boediono MEc, didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada IIPG (Indonesian Institute for Public Governance ) atas penghargaan tersebut.

Apri juga mengungkapkan rasa keterkejutannya ketika diinformasikan pertama kali bahwa dirinya masuk dalam nominasi peraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017. Apalagi dengan melihat nama-nama dalam daftar tim penilai dan dewan juri, yang merupakan orang-orang dengan curiculum vitae yang sangat mengagumkan.

Sebut saja Prof DR Djisman S Simanjuntak yang merupakan salah satu Anggota Dewan Ekonomi Nasional (KEN) Indonesia. Lalu Prof DR Sidharta Utama PhD CA CFA yang merupakan seorang Profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Indonesia.

Kemudian Chandra M Hamzah SH, seorang ahli hukum dan mantan Komisioner Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Selanjutnya Prof DR Harkristuti Harkrisnowo SH LLM MA yang merupakan Anggota Panitia Kerja RUU Terorisme Pemerintah-DPR, serta Business Director Tempo Yostinus Tommy Aryanto.

"Tentunya kita sangat mengapresiasi atas penghargaan ini. Tak disangka, bahwa banyak orang yang melihat kinerja pemerintah daerah yang ingin selalu mengedepankan kepentingan masyarakatnya," ujarnya.

"Penghargaan ini juga bagi semua unsur lapisan masyarakat Kabupaten Bintan yang telah ikut serta membantu memberikan ide-ide, kreativitas dan sumbangsih pemikiran bagi mensukseskan semua program-program pemerintah daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga berkomitment untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak," ungkapnya lagi.

Bupati Bintan H. Apri Sujadi SSos menerima Anugerah Pandu Negeri 2017 dengan penilaian sebagai kepala daerah yang memiliki inovasi dalam penerapan pelayanan kesehatan gratis dan bantuan seragam sekolah. Selain itu, dirinya juga dinilai berhasil mempertahankan beberapa prestasi tingkat nasional, di antaranya Anugerah WTP 6 kali berturut-turut dan mempertahankan Piala Adipura ketiga kalinya.

Selain Bupati Bintan, daerah penerima Anugerah Pandu Negeri 2017 lainnya, di antaranya Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Gresik, Kabupaten Kudus, Kabupaten Malang dan juga Kabupaten Ngawi.

Editor: Udin