Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan akan Segera Beli Lahan PT Antam untuk RSUD Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 03-11-2017 | 17:47 WIB
rsud_bintan.jpg Honda-Batam
Gedung RSUD Bintan. (Foto: (Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menargetkan November ini, persoalan lahan PT Aneka Tambang (Antam) yang berdiri bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan, di Kecamatan Bintan Timur (Bintim) akan selesai proses pembeliannya.

Demikian ungkap Kepala Bagian Agrerua Sekda Bintan, Enrio Karyadi saat dihubungi mengatakan bahwa Dia menargetkan, persoalan ganti rugi akan selesai dalam bulan ini, karena itu pihaknya akan kembali melakukan musyawarah dengan PT Antam.

"Saat ini kita mau melaksanakan negosiasi ulang, pembicaraan mengarah ke sana, Itu, arahnya (Rp 6,3 miliar), kayaknya mereka mau tapi ini masih di proses internal mereka," kata Enrio, Jumat (3/11/2017).

Mengapa Rp 6,3 Miliar, hal ini, berdasarkan penilaian apresial dari Pemkab Bintan yang dilakukan konsultan jasa penilai publik Toto Suharto dan Rekan-rekan, yang berkantor di Jakarta dan memiliki cabang di Pekanbaru, maka didapat angka tersebut.

"Tim apresial, bukan dilakukan Pemkab atau pemilik lahan, tapi di luar itu.Mengapa dulu angka dari tim apresiasl Antam tinggi, karena mereka melakukan penghitungan berdasarkan kepentingan Antam, yakni bisnis, sedangkan apresial kita berdasarkan aturan dan undang undang untuk publik, makanya berbeda walaupun objeknya sama," papar Enrio.

Sebagaimana diketahui, lahan milik Antam yang saat ini telah dibangun oleh Pemkab, antara lain Gedung LAM, gedung community center, dan lahan rumah sakit umum daerah Bintan dengan luas sekitar 2,2 hektare.

Editor: Dardani