Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telkomsel Apresiasi Kinerja Polresta Barelang Gagalkan Pencurian Perangkat BTS Miliknya
Oleh : Suci Ramadhani
Jumat | 03-11-2017 | 08:38 WIB
telkomsel-kapolres1.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang Kombes Polisi Hengki Wakapolrestata AKBP Muji menerima penghargaan dari Telkomsel di kantor layanan GraPARI Batam Center (Foto: Suci Rahmadani)

BATAMTODAY.CO, Batam - Telkomsel menggelar acara silaturahmi di kantor layanan GraPARI Batam Center sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada pihak kepolisian, khususnya di wilayah Kota Batam, atas upaya menggagalkan pencurian perangkat BTS miliknya.

General Manager ICT Operation Regional Sumbagteng, Noviandri, menyampaikan secara langsung ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak kepolisian di wilayah kerja Polresta Barelang, Kota Batam, yang telah melakukan penggagalan dan penangkapan oknum pelaku pencurian perangkat baterai Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel.

"Telkomsel berterima kasih kepada pihak kepolisian yang menggagalkan dan menangkap pelaku pencurian perangkat BTS Telkomsel, di mana baterai yang dicuri merupakan backup power ke BTS, apabila listrik padam, serta modul sebagai perangkat penghasil sinyal ke handphone agar masyarakat dapat berkomunikasi. Jika terjadi pencurian perangkat tersebut, akan mengganggu proses komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat," katanya, Kamis (2/11/2017).

Dengan hadirnya BTS di suatu daerah akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, keamanan, maupun pelayanan publik. Akses telekomunikasi akan membuka isolasi suatu daerah dan infrastruktur seperti halnya menara BTS bisa menjadi ikon eksisnya masyarakat di wilayah tersebut.

"Dampak yang timbul jika salah satu perangkat BTS hilang akan mengakibatkan komunikasi di wilayah tersebut akan terganggu, sehingga berdampak pada kerugian, baik bagi masyarakat sebagai pelanggan maupun bagi operator selular sebagai penyedia layanan komunikasi tersebut," katanya.

Akses komunikasi yang berkendala katanya lagi, akan mengakibatkan gangguan komunikasi bagi masyarakat di daerah tersebut serta menghambat sektor bisnis, maupun layanan publik terhadap masyarakat di daerah itu.

"Saat ini layanan komunikasi dan informasi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari 3 hal pendukung yaitu, infrastruktur jalan, listrik dan sarana telekomunikasi," jelasnya.

Telkomsel sangat menghargai peran serta masyarakat yang turut menjaga keamanan BTS/Site Telkomsel dari aksi oknum pencurian yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, saat ini Telkomsel bersama masyarakat sekitar dan aparat penegak hukum, bekerja sama mengelola keamanan site Telkomsel. Mengingat, perangkat di site Telkomsel dapat dikategorikan asset negara.

Ucapan terima kasih dan apresiasi tersebut disambut baik oleh Kapolresta Barelang, Kombes Polisi Hengki, sembari menerima piagam penghargaan Telkomsel di kantor layanan GraPARI Batam Center.

Hengki mengatakan, apresiasi dan penghargaan yang diterima akan mendorong semangat kepolisian untuk terus meningkatkan keamanan di tengah masyarakat Kota Batam.

"Itu adalah amanah dan tugas kami sebagai penegak hukum terhadap pelaku kejahatan. Dengan apresiasi dan penghargaan yang diberikan ini, kami akan menjadi lebih baik lagi agar Kota Batam menjadi aman," tutup Hengki.

Editor: Udin