Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rakor Tim Pengawas dan Pengendali BBM di Lingga

Perkuat Pengawasan Guna Mengantisipasi Penjualan BBM Subsidi ke Industri
Oleh : Nurjali
Kamis | 02-11-2017 | 16:38 WIB
Rakor-BBM-Lingga1.gif Honda-Batam
Sekda Lingga bu Hasim membuka rapat koordinasi tim pengawasan dan pengendalian bahan bakar minyak (BBM). (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga, Abu Hasim membuka rapat koordinasi tim pengawasan dan pengendalian bahan bakar minyak (BBM) yang dihadiri Bagian Ekonomi Kabupaten Lingga, Diperindag, BPH Migas, Pertamina dan Dirjen Kementerian ESDM RI, Kamis (2/11/17).

Dalam sambutannya, Abu Hasim menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penguatan kelembagaan tim pengawasan dan pengendalian BBM di Kabupaten Lingga. Hal ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kebijakan pemerintah Pusat dan daerah dalam pelaksanaan pendistribusian.

"Salah satunya kegiatan ini nantinya akan memperkuat pengawasan dan pengendalian harga, kualitas, dan jumlah kepada para konsumen dengan program BBM 1 harga, sebagaimana perintah dari pemerintah pusat," sebutnya.

Dengan kegiatan ini nantinya tim yang dibentuk akan bekerja sesuai dengan tupoksi, untuk melakukan penertiban rekom-rekom yang telah diterbitkan sebelumnya. Narasumber yang hadir pada kegiatan ini antara lain Dinas dan OPD terkait di Kabupaten Lingga, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Pertamina.

Sosialisasi tersebut disampaikan ke beberapa stakeholder terkait, mulai dari para perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi seperti PLN dan lainnya. Kemudian para kepala desa dan pengusaha perminyakan.

Diakhir sambutannya, Abu Hasim mengatakan pengawasan penurunan harga BBM ini penting, guna mengantisipasi penjualan BBM bersubsidi kepada industri, perusahaan dan beberapa usaha ilegal lainnya.

"Jangan sampai penurunan harga ini tidak tepat sasaran, karena penurunan harga untuk membantu perekonomian masyarakat," ujarnya.

Editor: Yudha