Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

2 - 7 November

Pemeliharaan Jargas Gresik-Singapura, PLN Batam Lakukan Pemadaman Bergilir
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 02-11-2017 | 10:38 WIB
Bukti-PLN-Batam-00.jpg Honda-Batam
Manajer Public Relations Bright PLN Batam, Bukti Panggabean.

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari ini, Kamis (2/11/2017), PLN Batam melakukan pemadaman listrik bergilir. Hal ini disebabkan adanya pemeliharaan rutin pipa gas jalur Gresik-Singapura, yang mempengaruhi pasokan gas untuk pembangkit listrik milik PLN Batam.

Pemeliharaan jaringan gas Gresik-Singapura yang mengakibatkan pasokan ke sejumlah pembangkit listrik milik PLN Batam mengalami penurunan, berimbas pada pasokan listrik PLN Batam akan berkurang hingga 100 mega watt (MW).

"Pemeliharaan berlangsung 2-7 November dan akan mengakibatkan pemadaman bergilir. Kami mohon maaf. Ini bukan kehendak PLN Batam. Pemadaman diperkirakan maksimal kurang lebih 3 jam per pelanggan setiap harinya," ujar Manajer Public Relations Bright PLN Batam, Bukti Panggabean, Rabu (1/11/2017).

Meski demikian pihaknya berjanji akan minimalisir pemadaman, dari rencana dua kali dalam sehari. Di mana pemadaman direncanakan akan terjadi pada jam-jam beban puncak pemakaian listrik.

"Ini pemeliharaan tahunan yang dilakukan PGN. Dampak ke PLN merupakan kejadian yang tidak bisa terhindari dan di luar kemampuan PLN Batam," ujarnya.

Bukti berharap pelaksanaan pemeliharaan tersebut lebih cepat selesai dari schedule yang sudah disampaikan PGN.

Ia mengimbau kepada para pelanggan untuk menghemat pemakaian energy listrik dan mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir banyaknya wilayah yang terkena pemadaman.

"Kami berharap pemeliharaan infrastuktur gas cepat diselesaikan dan sesuai jadwal. Sehingga pelangan PGN dapat beroprasi normal kembali terutama PLN Batam yang sangat membutuhkan pasokan gas," katanya.

Editor: Gokli