Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Tangkap Otak Penyelundupan Orang ke Australia
Oleh : yahoo news
Senin | 04-10-2010 | 22:37 WIB

Surabaya (ANTARA) - Tim Satgassus "People Smuggling" Mabes Polri dan Polda Jatim menangkap warga asal Afganistan, Hussain (44), yang diduga kuat otak pelaku penyelundupan manusia dari negara konflik ke Australia.

"Pelaku sebenarnya sudah lama menjadi incaran petugas, karena dia selama ini menjadi otak penyelundupan manusia menuju Australia dengan jalur darat dan laut di Indonesia," kata Kasat Pidum Polda Jatim AKBP Awang di Surabaya, Senin.

Ketika mendampingi Direskrim Polda Jatim Kombes Pol Suroto, ia menjelaskan Hussain yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mabes Polri itu tertangkap di perairan Pasir Putih Situbondo.

"Ia tertangkap setelah meloloskan 47 warga imigran gelap asal Afganistan. Dari tangan pelaku, polisi menyita satu unit Bus Pariwisata, uang Rp2 juta, dua handphone (HP), dan satu lembar dokumen UNHCR," katanya.

Modusnnya, para imigran gelap itu masuk ke wilayah Indonesia secara tidak sah, karena tanpa melalui pemeriksaan pejabat imigrasi.

Untuk mendapatkan suaka, para pelarian Afganistan itu meminta suaka ke UNHCR sebagai bekal menuju Australia.

"Hussain mengaku dirinya bersama 47 imigran gelap berangkat dari Jakarta menuju Surabaya. Untuk menghindari pemeriksaan, mereka melakukan jalan darat sampai ke perairan Situbondo," katanya.

Di wilayah Situbondo, para imigran gelap menggunakan jasa perahu menuju tengah laut, namun belum sampai ke perahu akhirnya para imigran Afganistan itu tertangkap Satgatssus "People Smuggling" Mabes Polri dan Polda Jatim serta petugas Polres Situbondo.

"Setelah menjalani pemeriksaan tersangka dan berkas pemeriksaan tersangka dinyatakan lengkap, maka tersangka akan kami limpahkan ke Kejaksaan," katanya.