Pengurusan SKCK di Polsek Batuaji Diserbu Pendatang Baru
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 11-07-2017 | 12:26 WIB
SKCK-Polse-bt1.gif
Masyarakat sedang mengurus dokumen SKCK di Polsek Batuaji. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurusan Surat Catatan Kepolisiaan (SKCK) di Polsek Batuaji meningkat dalam sepekan terakhir ini. Dalam sehari berkas yang masuk mencapai ratusan. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari hari-hari sebelumnya yang hanya sekitar 40 berkas per hari.

Kanit Intelkam Polsek Batu Aji Iptu Rosyid menuturkan, meningkatnya pengurusan SKCK itu terjadi mulai hari pertama masuk kerja atau setelah lebaran. "Kalau sebelum lebaran rata-rata 40 samapai 30 orang lah. Sekarang terasa ramainya hampir mencapai seratus dalam sehari," ujar Rosyid, Selasa (11/7/2017).

Ramainya pembuat SKCK tersebut diduga kuat karena datanganya pendatang baru ke Batam setelah lebaran tahun ini. Terlihat dari banyaknya pengurus SKCK yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) luar Batam.

"Yang mempunyai KTP luar Batam syaratnya harus membawa surat domisili dari Kelurahan Batuaji," ujar Rosyid lagi.

Pantauan BATAMTODAY.COM, menemui banyak diantara mereka yang mengurus SKCK pendatang baru di Batam. Mereka datang ke Batam untuk mencari pekerjaaan.

Rina misalkan, warga asal Pelembang baru saja datang ke Batam untuk mencari pekerjaaan setelah lulus dari SMA. Dia datang bersama abangnya yang sudah lama tinggal di Batam."Sekarang ini lagi urus SKCK biar cepat masukan lamaran," ujar wanita yang baru lulus SMA itu.

Hal yang sama juga di katakan Herman, warga asal Padang yang mengaku baru juga ke Batam sepekan yang lalu. Dia datang dengan harapan baru untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Kata orang susah mendapatkan pekerjaan di Batam sekarang. Tapi saya coba dulu untuk mengadu nasib mana tau beruntung," harapannya.

Editor: Yudha