Tindak Tegas Praktek Percaloan Tiket Mudik Lebaran
Oleh : Hadli
Senin | 12-06-2017 | 13:50 WIB
Erlangga-Humas-Polda12.gif
Kombes Pol Erlangga, Kabid Humas Polda Kepri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Momentum arus mudik Hari Raya Idul Fitri biasanya kerap dimanfaatkan calo yang mengambil keuntungan dengan menaikkan harga tiket pesawat dan kapal. Untuk itu, Polda Kepri melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap munculnya calo-calo tiket di terminal keberangkatan seperti bandara dan pelabuhan.

Kabid Humas Polda Kepri Kombespol Erlangga mengatakan, pihaknya sudah mengambil langkah antisipasi untuk memberikan pengamanan kepada masyarakat Kepri yang akan melakukan mudik.

"Kami sudah menyiapkan langkah efektif seperti pengawasan secara melekat ke tempat-tempat yang bakal banyak muncul calo, seperti bandara dan pelabuhan, dan tentunya dibarengi dengan penindakan hukum secara tegas kepada para calo," kata Erlangga, Senin (12/6/2017).

Erlangga menggatakan, untuk membersihkan terminal bandara dan pelabuhan di Kepri dari praktek percaloan, tidak hanya bisa mengandalkan peran aktif dari kepolisian. Untuk itu, ia meminta peran aktif dari masyarakat untuk melaporkan keberadaan calo.

"Ada calo, silahkan laporkan kepetugas kepolisian terdekat, Polsek KPP, Polres dan Saber Pungli Polres dan Polda. Kami pastikan aka tindak lanjuti," tegas Erlangga.

Erlangga juga menghimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kemajuan teknologi seperti memanfaatkan layanan tiket online yang sekarang jauh lebih mempermudah untuk mendapatkan tiket dengan aman.

Erlangga juga menambahkan pihak kepolisian dalam mengamankan perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini tidak hanya berfokus pada penindakan calo semata.

"Tentunya banyak yang kita harus amankan, seperti mengantisipasi adanya tindak kriminal diantaranya copet dan penodongan, menjaga tempat-tempat keramaian agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman, dan banyak lagi tugas polisi untuk tetap menjaga agar Kepri ini tetap kondusif," pungkasnya.

Editor: Yudha