Porter Pelabuhan Batuampar Terobos X-Ray dan Pukul Petugas BC Batam
Oleh : Romi Candra
Kamis | 25-05-2017 | 08:12 WIB
porter_batam.jpg
Kegiatan para porter di Pelabuhan Batuampar Batam. (Foto: Romi Candra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang petugas dari Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam, Yudha, menjadi korban pemukulan oleh porter di Pelabuhan Batuampar, Rabu (24/5/2017) siang.

 

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) KPU BC Tipe B Batam, Raden Evy Suhartantio, saat dihubungi BATAMTODAY.COM, mengatakan, pemukulan tersebut terjadi karena petugas melarang porter memasukkan barang-barang yang dibawanya ke dalam kapal.

"Anggota kita dipukul porter dan mengenai rahang kanannya. Kemudian dilakukan visum di Rumah Sakit Awal Bros. Kasus ini sudah dilaporkan ke Kopilisian Kawasan Pelabuhan (KKP)," ungkap Evy, Kamis (24/5/2017) malam.

Dijelaskan Evy, kejadian berawal sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu, petugas BC tengah melakukan pengawasan dan pemeriksaan barang-barang yang akan dimuat ke atas kapal pada mesin X-Ray.

Tiba-tiba, para porter ramai datang dan membawa puluhan boks besar yang diperkirakan berukuran 1,5 meter, dan diduga berisikan guci dari keramik.

Melihat hal itu, korban, langsung memerintahkan para porter untuk tidak menaikkan ke atas kapal. Namun salah satu porter justru melawan dan terus berusaha membawanya ke kapal.

"Petugas kita (Yudha), kemudian menegur. Namun porter itu malah menyerang dan memukul rahang kanannya," jelas Evy.

Melihat kejadian itu, porter lain justru memanfaatkan keadaan untuk membawa masuk boks itu dan menerobos X-Ray serta meletakkan di atas kapal.

"Anggota kita langsung melakukan visum, serta membuat laporan ke KKP. Sekarang kasus itu sudsh ditangani polisi," pungkasnya.

Editor: Dardani