BP Batam Kembali Tertibkan Ratusan Babi yang Masih Berkeliaran di Dam Duriangkang
Oleh : Hadli
Rabu | 24-05-2017 | 19:38 WIB
tertibkan-babi.gif
Salah satu petugas menangkap babi di Dam Duriangkang (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Babi yang masih terisisa di Dam Duriangkang kembali ditertibkan petugas Ditpam BP Batam bersama tim gabungan, Rabu (24/05/2017).

"Kawasan Monggak, Rabu (17/05/2017) lalu kami tertibkan, saat ini kawasan Rindu Malam I yang terletak di depan Perumahan Mediterania," kata Direktur Ditpam BP Batam, Kombes Budi Santoso, Rabu.

Budi menjelaskan, dua wilayah tersebut kurang lebih seluas 10 Haktare. Pada penertiban kawasan Rindu Malam I, pihaknya menemukan sekitar 50 ekor babi berkeliaran dan telah diambil tindakan.

"Babi yang ada itu, masih tersisa dari penertiban sebelumnya. Kami musnahkan lagi, dengan cara dibakar," tuturnya.

Tidak semua Babi yang didapati dibakar. Babi yang diakui pemilknya, tambah Budi, dipersilakan untuk diambil.

"Kalau yang tak ada pemiliknya, kami bakar dan kubur. Tapi ada yang klaim, kami minta membawa babi tersebut ke luar dari kawasan Dam Duriangkang," ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya tak akan pernah berhenti menindak oknum-oknum nakal yang mencoba memelihara babi disekitaran Dam Duriangkang. Oleh sebab itu, ia menuturkan, pihak Ditpam BP Batam akan melakukan pengawasan secara berkala.

"Untuk mencegah masuknya orang-orang yang ingin mendirikan perternakan babi, atau hal-hal lainnya yang dapat mencemari air di Dam Duriangkang," tuturnya.

Ribuan ekor Babi awalnya memenuhi kawasan Dam Duriangkang. Akibatnya air waduk tersebut tercemar limbah kotoran, sehingga warga Batam merasa terusik adanya peternakan di daerah resapan air tersebut.

BP Batam melakukan langkah dengan cara menertibkan semua area yang tercemar bersama tim terpadu yang terdiri dari Ditpam, Polri, TNI, Satpol PP dan instansi lain. Hal itu dilakukan guna mensterilkan air yang dikonsumsi sebagian masyarakat Batam.

Editor: Udin