37 Peserta Calon Akpol Ikut Tes Psikologi
Oleh : Hadli
Jum\'at | 12-05-2017 | 17:02 WIB
Calon-Akpol-tes-psikologi-400x192.gif
Sebanyak 37 calon siswa Akpol mengikuti tes psikologi di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Jumat (12/05/2017) pagi pukul 07.00 WIB. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 37 calon siswa Akademi Kepolisian (Akpol) mengikuti tes psikologi di Gedung Lancang Kuning, Mapolda Kepri, Jumat (12/05/2017) pagi pukul 07.00 WIB.

"Peserta terdiri dari 36 pria dan satu wanita," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erlangga, di Mapolda Kepri.

Pengawasan tes psikologi calon Akpol dilakukan ketat oleh berbagai pihak yang terlibat agar dapat dipastikan tidak terjadi kecurangan. "Pengawas dari internal Polri dan sejumlah instansi lain yang terlibat," ujarnya.  

Ke-37 peserta tersebut dari calon Akpol yang mendaftar melalui Polresta Barelang sebanyak 26 laki-laki dan satu wanita, Polres Tanjungpinang 4 laki-laki, Polres Karimun dua laki-laki, Polres Bintan sebanyak empat laki-laki.

Tes dipimpin oleh AKBP Abdul Hamid, selaku kepala tim, dibantu delapan personil bagian psikologi Biro SDM Polda Kepri.

Pengawas internal kepolisian, kata Erlangga, berasal dari Itwasda dan Bidpropam Polda Kepri yang berjumlah 21 orang. Sementara internal terdiri dari pihak Ombusmand Provinsi Kepri, LSM FKPM Kepri, Himpunan Psikologi (HIMPSI) Provinsi Kepri, dan ITE Universitas Batam Kepri.

"Peserta yang tidak lolos langsung gugur dan tidak bisa mengikuti tes selanjutnya," kata dia.

Sebelumnnya, pada seleksi adminsitrasi, terdapat 59 pendaftar calon Taruna Akpol yang dinyatakan memenuhi syarat. Namun setelah mengikuti rangkaian tes, akhirnya hanya 37 orang lolos untuk seleksi psikotes.

Kepala Biro SDM Polda Kepri, Kombes Pol Rakhmad Setyadi, mengatakan bahwa sesuai dengan prinsip Betah (bersih transparan akuntabel dan humanis), maka panitia menjamin tidak ada Korupsi, Kolusi dan Nepotisme selama proses penerimaan.

Jika ada dugaan kecurangan, Polda Kepri membuka nomor pengaduan Saber Pungli Polda Kepri di 0821 7360 9888 dan lapor@saberpunglikepri.id, Bidpropam 0811 110 1010.

"Nantinnya hanya 10 peserta Taruna Akpol yang akan dikirimkan dari Polda Kepri untuk mengikuti seleksi tingkat pusat," terang dia.

Editor: Udin