Antisipasi Tahanan Kabur Masuk ke Batam, Polisi Jaga Pelabuhan
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 06-05-2017 | 11:02 WIB
KKP_Sekupang-01.gif

Ilustrasi pemeriksaan yang dilakukan KKP Sekupang terhadap penumpang dan barang bawaan, beberapa saat lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan di Batam pada Sabtu (6/5/2017) terpantau dijaga aparat Kepolisian. Ini merupakan partisipasi Polisi Kepulauan Riau membantu pencarian ratusan tahanan yang kabur dari Rutan Sialang Bungkak, Pekanbaru.

Kapolsek KKP Sekupang, AKP Reza Morandy Tarigan, mengatakan pihaknya mendapat instruksi langsung dari Kapolda Kepri untuk menjaga pelabuhan sebagai antisipasi masuknya tahanan yang kabur ke Batam. "Ini instruksi Kapolda Kepri," ujarnya, Sabtu.

Menurut informasi, tahanan yang kabur pada Jumat (5/5/2017) dari Rutan Sialang Bungkak mencapai 200 orang. Sebagian tahanan kabur itu sudah berhasil ditangkap, tetapi masih ada sebagian lagi yang berkeliaran.

Dikatakannya, pihaknya akan memeriksa kapal Dumai Express yang akan bersandar atau tiba di pelabuhan Domestik sekitar pukul 17.00 WIB, nanti. Diketahui kapal Dumai Express tersebut berlayar dari Riau sekitar pukul 07.00 WIB.

"Nanti kami antisifasi satu kapal dari Riau, hanya di Pelabuhan Domestik saja," katanya.

Disinggung apakah sudah mendapatkan data-data tanahan kabur, kata Reza sejauh ini pihaknya belum mengetahui. Namun demikian pihaknya akan mengecek seluruh barang bawaan dan identitas penumpang sebagai dasar pengecekan.

"Kalau mencurigakan kami amankan, nanti kami akan turunkan 20 personil kepolisian KKP," pungkasnya.

Editor: Gokli