Peringatan May Day di Batam Tak Hanya Aksi Demo
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 28-04-2017 | 08:38 WIB
May-Day-.jpg

Saat buruh memeringati May Day tahun 2015 lalu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peringatan hari buruh sedunia atau May Day, tanggal 1 Mei mendatang di Batam, tak hanya diperingati dengan aksi demo. Tapi juga digelar sejumlah kegiatan, mulai dari jalan santai sampai dengan hiburan bagi masyarakat.

 

Seperti diungkapkan Kepala Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kadisnaker Batam, Rudi Sakyakirti, Kamis (27/04/2017). "Konsep rencananya, kami akan fasilitasi jalan santai dan panggung hiburan. Ini baru pertama kali kami fasilitasi," kata Kadisnaker Batam, Rudi Sakyakirti.

Baca: Hari Buruh di Batam, Pemerintah Fasilitasi Jalan Santai

Senada dengan itu, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Provinsi Kepri juga berencana akan menggelar kegiatan May Day itu dengan hiburan bagi para buruh.

“May Day adalah hari kebangkitan buruh. Moment ini mengingatkan buruh tentang perjuangannya, sehingga dapat mengerti segala hak dan kewajibannya sebagai seorang buruh. Nanti kita akan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk membangun solidaritas, seperti gerak jalan panggung hiburan,” ujar Ketua SPSI Kepri, Syaiful Badri Sofyan di Batam, Kamis (27/4/2017).

Ditambahkan Syaiful, dalam perayaannya nanti, para buruh diharapkan juga melaksanakan kegiatan yang lebih bernilai positif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tidak tepat lagi menggelar aksi yang sifatnya merugikan, sebab May Day sudah menjadi hari libur nasional.

Editor: Dardani