Kapal Pertamina Terbakar, Pekerja Berhamburan
Oleh : CR-14
Kamis | 20-04-2017 | 17:37 WIB
Damkar-BP-Batam-400x192.gif

Satu unit Damkar BP Batam dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar kapal pertamina yang sedang naik docking (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah kapal Sapta Samudra milik Pertamina, yang sedang naik docking di PT Bandar Abadi, galangan kapal Tanjunguncang, terbakar, Kamis (20/4/2017) sekitar pukul 12.00 Wib. Satu mobil pemadam kebakaran dari BP Batam dikerahkan untuk membantu memadamkan api.

Kebakaran itu membuat ratusan karyawan yang sedang bekerja, berlarian menyelamatkan diri untuk menghindari ledakan kapal yang berisi sisa-sisa minyak. Beruntung, tidak korban jiwa maupun yang terluka dalam kebakaran tersebut.

Yenyen, Ketua Serikat Pekerja PT Pandar Abadi mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Pada saat itu pekerja sedang melakukan pengelasan pipa bagian dalam kapal.

"Percikan api las menyambar sisa-sisa minyak solar yang berada di dalam kapal. Api dengan cepat menyala ke bagian kapal," ujarnya

Yenyen juga mengatakan, satu unit mobil pemadam kebakaran dari BP Batam serta dibantu dengan beberapa karyawan perusahaan, berusaha memadamkan api. Banyaknya pipa di dalam kapal, menyulitkan petugas
untuk memadamkan api tersebut.

"Sekitar satu jam baru api bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa maupun yang terluka. Tadi aparat  Polsek Batuaji juga sudah datang ke sini," ujarnya lagi.

Yenyen juga mengatakan, kapal Sapta Samudra milik Pertamina itu baru satu minggu dikerjakan oleh subkon PT Bandar Abadi dengan mengerjakan bagian dalam pipa kapal.

"Kita mengerjakan bagian pipa kapal yang banyak mengalami kebocoran," ujarnya lagi.

Sementara, mengenai kebakaran itu pihak perusahaan PT Bandar Abadi terkesan menutupi, seolah-oleh tidak ada terjadi kebakaran di perusahaan mereka.

"Tidak ada kebakaran di sini, apa yang lagi mau ditanya, tanya ke Polisi," ujar sekuriti perusahaan .

Editor: Udin