Sunset Bareng Romo Soerya di Padepokan Sasono Punggowo
Oleh : Suci Ramadhani
Senin | 03-04-2017 | 08:00 WIB
sucidanromo.jpg

Beginilah gaya Romo Soerya saat berbincang dengan BATAMTODAY.COM di Padepokan Sasono Punggowo. (Foto: Ani)

MELEPAS hari Minggu di taman yang indah, ditingkahi suara aneka burung, menjadi momen yang tak mudah dilupakan. Itulah yang dirasakan wartawan BATAMTODAY.COM, Suci Ramadhani yang manikmati indahnya hari Minggu, 2 Maret 2017, di Padepokan Sasono Punggowo bersama Romo Soerya Respationo. Berikut catatannya.

Mengenakan kaos lengan pendek tak berkerah, dipadu dengan jeans warna hitam, pria berkumis itu begitu sumringah. Senyumnya terus menebar saat menerima kunjungan para blogger dan fotografer yang berziarah ke makam mantan anggota DPRD Kota Batam, Hajah Rekaveny, istri kesayangannya.

Mantan Wakil Gubernur Kepri yang akrab disapa Romo itu, begitu ramah menyambut para tamunya itu, termasuk BATAMTODAY.COM. Bahkan, pria yang tak bisa jauh dari "racun" di sela-sela jarinya itu, menerima BATAMTODAY.COM untuk wawancara khusus. "Ini sesuai dengan wasiat almarhumah sebelum meninggal," ujarnya tentang pemakaman istrinya itu, sambil mengisap "racun" di jarinya.

Baca: Selamat Jalan Wanita Hebat...

Sambil ngobrol santai, suara aneka burung di mini zoo seperti kakak tua, kasuari, elang, kalkun serta aneka jenis ayam langka menambah suasana menjadi tambah rileks. Klangenan piaraan Romo Soerya itu menjadi pelengkap Padepokan Sasono Punggowo seluas sekitar lima hektar itu.

Tidak hanya klangenan itu saja, begitu masuk padepokan, kita akan disambut rumput hijau nan rapi. Juga hawa dingin yang tercipta dari jejeran berbagai jenis tanaman, mulai dari mangga, jengkol, durian, pete dan aneka tanaman keras lainnya. "Kalau sudah berbuah, nanti bisa dinikmati semua orang," tambah Romo Soerya yang masih aktif sebagai politisi itu.

Ada juga danau panjang berliku lengkap dengan ikan yang tumbuh sehat. Dan ada juga kebun sayur yang terawat rapi. Semuanya itu dapat kita nikmati sambil duduk di kursi-kursi yang telah disediakan. Sungguh satu spot yang indah bak nirwana. Apalagi, bagi Anda yang hobi selfi atau memainkan ponsel pintar. Memilih Padepokan Sasono Punggowo, memang tidak salah.

Selain itu, di padepokan ini, bukan hanya sebagai tempat bersantai saja. Di sini juga menjadi tempat silaturrahmi dan latihan bela diri. Apalagi, Romo Soerya sendiri adalah pemegang sabuk hitam karate internasional dan lulus ujian di Jepang.

Untuk sholat lima waktu, tak usah khawatir. Di padepokan ini, Romo Soerya juga telah membangun sebuah musholla mungil yang bersih dan indah. Semua fasilitas itu, dapat dinikmati masyarakat Batam, tanpa biaya. Sungguh!

Harapannya, semoga doa-doa yang meluncur ikhlas dari para pengunjung yang berziarah itu dapat menjadi bekal indah bagi ibunda tercinta Vira Jiansa Respaty, Dwi Ajeng Sekar Respaty, Putra Yustisi Respaty dan Bidadari Mahardhika Respaty. Serta eyang Adipati Luhung Sangkora, Auliandra Kinanti Arumdalu dan Abyandra Satria Bimasena.

Sungguh, Padepokan Sasono Punggowo sejatinya adalah ekspresi cinta seorang Romo Soerya Respationo.

Editor: Dardani