Layanan Publik di Kepri Menuju Zero Pungli
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 01-04-2017 | 08:00 WIB
lepasjalansantai.jpg

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian saat melepas peserta jalan santai deklarasi Kepri Zero Pungli di Dataran Engku Putri Batam Center. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Provinsi Kepri sedang bergerak menuju kawasan bebas pungutan liar atau zero pungli. Tekad itu dituangkan dalam deklarasi dan penandatanganan banner ukuran 20 meter seusai acara jalan santai di Dataran Engku Putri Batam Center, Jumat (31/3/2017).

Deklarasi Kepri zero pungli itu digagas oleh Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Kepri. Saat ini, Ketua Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Kepri Kombes Pol. Heru Pranoto, M.Si.

“Pungutan liar saat ini merupakan musuh kita bersama, dikarenakan sudah merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pungli merupakan perbuatan melawan hukum atau perbuatan pidana,” ujar Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian seusai jalan santai dan menari maumere bersama dengan ribuan masyarakat.

Ditambahkan jenderal polisi bintang dua itu lagi, saat ini masih ada pungli yang dilakukan oleh oknum yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Maka, dalam rangka memberantas pungli tersebut, saat ini sudah dibentuk Satgas Saber Pungli di 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri.

Hadir dalam deklarasi tersebut, ratusan pelayan publik dari berbagai instansi di Provinsi Kepri, seperti Pemprov Kepri, Pemko Batam, Ombusdment Kepri dan instansi TNI-Polri. Tujuannya adalah agar para pelayan publik di Kepri tidak melakukan pungli dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain deklarasi, pada acara jalan santai itu juga dibagikan berbagai hadiah lucky draw, mulai dari strika, kulkas sampai dengan 4 unit sepeda motor.

Editor: Dardani