BATAMTODAY.COM Lulus Verifikasi Dewan Pers

Semua Media di Indonesia Harus Terverifikasi Dewan Pers
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 15-03-2017 | 14:27 WIB
btdok.png

BATAMTODAY.COM telah dinyatakah lulus verifikasi Dewan Pers. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Semua media di Indonesia ke depan harus lulus verifikasi Dewan Pers. Karena itu sebagai bentuk dari tanggung jawab pers terhadap masyarakat. Dan hanya media yang lulus verifikasi itulah yang akan diberi akses informsi dan boleh diajak kerjasama oleh instansi pemerintah dan swasta.

Demikian ungkap anggota Dewan Pers Hendry Chairudin Bangun kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/3/2017). "Masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi dari media yang sesuai standar, dikelola oleh wartawan kompeten," ujar Hendry Chairudin Bangun.

Menanggapi BATAMTODAY.COM yang telah dinyatakan lulus verifikasi Dewan Pers, pria yang juga Sekjen PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat itu mengatakan, dirinya memberi apresiasi. Karena hal itu memang sudah menjadi ketentuan Undang-Undang Pers No 40 tahun 1999.

"Bagus, karena verifikasi adalah salah satu bukti bahwa media sudah memenuhi ketentuan dari Undang-Undang Pers No. 40/1999. Standar-standar dan peraturan Dewan Pers, yang dimaksudkan agar lembaga pers diselenggarakan dalam koridor kode etik, akuntabel, dan sesuai prinsip manajemen baik," tuturnya.

Ditambahkannya, masyarakat juga berhak tahu siapa yang mengelola media. Maka, harus jelas nama dan alamatnya. Sehingga kalau ada komplain mereka bisa sampaikan baik langsung ataupun melalui Dewan Pers.

Editor: Dardani