Tahun Depan Disnaker Bangun BLK, Telan Anggaran Rp150 M
Oleh : Suci Rahmadani
Sabtu | 11-03-2017 | 10:39 WIB
Kadisnaker-Batam,-Rudi01.gif

Rudi Sakyakirti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terus meningkatnya jumlah pengganguran di Kota Batam, Dinas Tenaga Kerja Pemko Batam akan membuat Balai Latihan Kerja (BLK).

 

Dijelaskan Rudi Sakyakirti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, rencana pembangunan BLK sudah diajukan Dinas Tenaga Kerja, dan dalam proposal sudah disampaikan bahwa lahannya sudah tersedia dengan anggaran sebesar Rp150 milliar.

"Kementerian suruh buat proposal. Anggarkan Rp150 miliar sekaligus dengan peralatan sesuai dengan kebutuhan. Hari senin nanti akan dilakukan peninjauan," jelasnya saat menghadiri lauching Tour dan Travel Di Mega Mall, Jumat (10/3/2017).

Ia juga mengatakan bahwa jumlah penganguran di Kota Batam terus meningkat. Karena masyarakat dari seluruh Indonesia berbondong-bondong ke Batam untuk mencari pekerjaan sedangkan lapangan kerja terbatas.

"Tapi kita tidak bisa melarang orang untuk datang ke Kota Batam," jelasnya.

Tingginya angka pengangguran, lanjutnya, bisa dilihat dari pelatihan yang dilaksananan Disnaker. Yang melamar untuk mengikuti latihan sebanyak 5 ribu lebih. Namun yang diambil oleh perusahaan hanya perkisaran 600 lebih.

"Yang diterima perusahaan itu sedikit hanya 600 orang. Sisanya kemana? Ini kondisi yang kita rasakan saat ini," pungkasnya.

Editor: Yudha