Batik Sedayung di Fathiah Collection Hanya Rp150 Ribu
Oleh : CR11
Sabtu | 28-01-2017 | 11:02 WIB
Fathia-Collection1.jpg

Fathiah Collection yang berada di lantai dasar DC Mall, Blok GF no. 69. (Foto: Mikha)

BATAMTODAY.COM, Batam - Fathiah Collection yang berada di lantai dasar DC Mall, Blok GF no. 69, menjadi sangat terkenal diantara para penjual lainnya karena satu-satunya yang menjual Batik Sedayung.

Fathiah Collection yang bergabung dalam komunitas UKM Batam, mulai memperkenalkan Batik Sedayung sudah sejak 5 tahun yang lalu. Ketertarikan terhadap Batik, mengiring mereka untuk terjun mendalami dan bahkan memproduksi Batik Sedayung ini.

"Sebelumnya yang kami produksi hanya pakaian-pakaian muslim saja. Baru sekitar 5 tahun, kami sudah memproduksi sendiri batik Sedayung ini. Melihat jenis batik-batik khas Batam belum terlalu banyak," ujar Ibu Yanti, Owner Batik Sedayung.

Bahan yang digunakan untuk memproduksi Batik Sebayung, untuk sekarang baru katun, dobby dan semi sutra. Harganya juga bervariasi, sesuai dengan jenis dan kualitas bahan.

"Untuk saat ini kami hanya menyediakan bahan saja. Bahan katun Rp150.000, sedangkan dobby dan semi sutra Rp250.000 per bahan bisa dibuat untuk satu baju. Untuk pakaian jadi dari Batik Sedayung, yang baru diproduksi hanya baju cowok. Ada juga pasminah dan dompet," tambahnya.

Ibu Yanti menjelaskan, di daerah Batam yang mengorder Batik Sedayung didominasi oleh pegawai-pegawai instansi negeri dan swasta. Kebanyakan untuk dijadikan sebagai baju seragam maupun baju kurung khas Melayu.

"Respon yang baik umumnya diperlihatkan oleh instansi, yakni instansi pendidikan, Bank dan perpajakan. Pengunjung lainnya yang datang kesini, lebih memilih membeli Batik Sedayung sebagai buah tangan khas Batam," ujarnya.

Trademark Batik Sedayung belum terlalu luas dikenal oleh masyarakat. Terbukti dari sedikitnya permintaan terhadap produk ini.

"Seminggu rata-rata penjualan batik ini sekitar 4 sampai 5 bahan saja. Dan untuk hari-hari tertentu saja permintaan baru meningkat. Pemasaran Batik Sebayung baru ada di DC mall dan bandara," pungkasnya.

Editor: Yudha